Tuesday, August 31, 2004

INDONESIAN IDOL Who do you think you IS?

Grand final Indodol udah lewat. Semua udah nonton penampilan Joy dan Delon. Dan buat gue, GF ini udah kehilangan banyak daya tariknya. Satu hal yang gue suka dari Indodol dan ngebedain dari AFI adalah Indodol nggak berpretensi nyiptain drama yang kalo nonton AFI, suka bikin gue sakit perut itu. Pidato perpisahan yang berkepanjangan yang bikin gue ngarep, oh plis, panggilin Jack Black dong, suruh dia nyanyi “You’re Boring” yang udah sukses bikin gue ngakak di acara Oscar tahun ini. Pelukan dan tangisan dan koper yang o-em-ji (Gusye, gue berusaha buat nulis dengan gaya super brondong sekarang, huehue…) nggak penting dan bikin gus pengen ngelempar rimot di tangan ke tivi. Untung gue selalu inget itu tivi masih belom lunas cicilannya. Belom lagi diary-nya yang banyak ngasih lihat hal-hal yang nggak perlu soal para calon bintang itu

Terus, sistem voting Indodol bener-bener bikin kita dipaksa untuk nonton acara itu dan kasih penilaian waktu itu aja sehingga nggak ngasih kesempatan banyak buat kapital dan interes pribadi bicara. Beda sama AFI yang tiap minggu bikin orang ngirim sms dan telepon banyak-banyak sehingga kapital dan interes pribadi mempengaruhi pilihan orang.

Tapi Grand Final ngerubah banyak. Orang disuruh sms/telepon selama satu minggu, nggak lagi tiga jam. Kapital akan menentukan, ketertarikan subjektif pegang peran. Dan sebelomnya media udah banyak menulis berbagai hal yang nggak penting buat cari simpati, mulai dari cerita bapak Joy yang mantan supir taksi sampe Delon yang jualan ember.

PLIS DEH AH! Jangan bikin Indodol jadi AFI! Ato gue mogok nonton nanti?! Hehe… kata RCTI n Freemantle, mengikuti kalimat andalan Sarah Azhari yang dengan—maaf—begitu bloonnya—mungkin karena lagi marah jadi grogi—bilang waktu diwawancara salah satu acara gosip selebriti itu, “Who do you think you IS?”

O EM JI!

Eniwei, back to business, Joy malam itu adalah Joy yang mengecewakan gue. Pertama, dia balik nyanyiin lagu Dewi Sandra “Kuakui” yang waktu dia nyanyi di babak Spektakuler (lihat entry INDONESIAN IDOL: Helena’s Irony) juga udah nggak pas. Tapi yang nyebelin dari para juri, seperti sebelumnya, mereka sibuk muji tanpa kasih masukan berarti buat Joy. Cuma Mukas yang berani beda dengan bilang lagu itu nggak pas dibawain Joy.

Tapi di lagu kedua—yang dipilih juri dari pemenang American Idol—Joy bener-bener nunjukin kehebatannya nyanyi dengan ngeluarin semua aji-aji teknik, dinamika de el el. Satu aja catetan gue buat Joy, laen kali belajar lafal Inggris yang bener ya. Gue terus terang ngerasa mendadak bahasa Inggris gue jadi bego gara-gara gue nggak bisa nangkep artikulasi lo. Otherwise, you are perfect honey!

Terakhir, Joy ngebawain lagu barunya Glenn dengan sangat baik. Nggak banyak improvisasi dan imbuhan. Diaransemen dengan gaya dia yang suka nge-beat sama Andi Rianto. Tapi entah kenapa, gue nggak ngerasain jiwa lagu itu.

Sekarang Delon. Di lagu pertama Delon tampil grogi walaupun dia ngebawain lagunya Rio Febrian yang lambat dan melankolik yang biasanya dia bawain dengan okeh. Beberapa kali dia hilang kontrol. Terus di lagu kedua dia berada di titik terendahnya. Hancuuuuuuuuuuuurr banget. Lagunya Clay Aiken “Invisible” emang nggak gampang dibawain dan nggak bakal cocok sama semua orang. Apalagi Delon yang serba ngepas itu kemampuannya. Alhasil, gue cuma bisa komentar, ini kemenangan mudah buat Joy.

Tapi bukan Delon namanya kalo nggak beruntung. Dan dia beruntung dapet lagu yang pas buat dia dan diaransemen dengan pas juga oleh Andi. Lagu Glenn terasa banget jiwanya ketika dinyanyiin sama Delon. Apalagi dengan dukungan paduan suara Impromptu yang top markotop itu. Udah deh, Delon ngasih kesan terakhir yang sangat baik buat semua penonton Indodol malam itu.

Dan gue pun sms beberapa temen penggemar Indodol dan bilang, “harus diakuin, buat pertama kalinya Delon lebih bagus daripada Joy.” Mukas pun komen, “Ternyata, kamu pantes juga jadi Indonesian Idol.”

Kalo udah gini, sungguh, gue khawatir dengan hasil Indodol nanti. Kesan terakhir akan selalu lebih mudah diingat orang. Dan jarang orang yang mau melihat proses perkembangan selama ini sebekum ambil keputusan. Apalagi pendukung Delon emang niat berat. Mbak Ira sampe pake hape suaminya. Ve ngirim sebelas sms. Nyokap temen kantor, Dini, yang tadinya dukung Joy berbalik dukung Delon setelah lihat Delon ngebawain lagu Glenn. Duh.

Yah, terserah lah.

Old posting and comments

1 comment: