Sunday, September 26, 2004

Sakit dan dokter

Udah lama banget gue nggak sakit yang cukup parah sampe bikin gue nggak masuk kantor, tapi kali ini gue kena batunya. Dan ya, spiritually speaking, Tuhan ngingetin gue buat jaga badan. Gue tahu ini semua karena gue kecapekan dan gue nggak pake doping yang memadai. Nggak minum susu, seperti dulu, dan nggak minum vitamin yang teratur. Biasanya sih, kalo pake doping begini, mo kerja sampe jam berapa, mo dilanjutin begaol kemana, gue tetap fit.

Dan gue benci banget ke dokter. Gue ngabisin masa kecil gue dengan ke dokter, dan itu bikin gue males pergi ke dokter sekarang. Rasanya jatah gue ke dokter buat seumur hidup udah dihabisin sewaktu gue masih SD. Bayangin aja, dari umur 7 tahun sampe 12 tahun, hidup gue nggak lepas dari dokter. Semua gara-gara penyakit asma dan alergi gue.

Waktu kecil kalo asma gue kumat, gue bisa sampe muntah-muntah karena nggak bisa nafas. Dan untuk itu gue harus disuntik kekebalan dari mulai tiga kali seminggu. Hari ini lengan kiri gue, dua hari kemudian lengan kanan, dan dua hari kemudian balik ke lengan kiri. Entah berapa lama sampe kunjungan berkurang jadi dua kali seminggu, terus sekali seminggu, dua minggu sekali sampe akhirnya sebulan sekali. Setelah itu hidup gue tergantung sama obat dan semprotan aja tanpa harus disuntik lagi.

Sementara gara-gara alergi, yang juga jadi pencetus utama asma gue, produksi—maaf—ingus gue itu bener-bener top banget deh. Meleeeeeeeeerrr melulu kerjaannya. Dan dampaknya adalah hidung gue udah dioperasi dua kali. Pertama, sinusitis dan kedua tulang hidung yang bengkok yang katanya bikin hidung gue mampet melulu. Tapi teuteup hidung gue meler dan mampet sampe sekarang karena sumbernya cuma satu: ALERGI.

Lah, gue alergi debu dan bulu getoh lho. Di Jakarta ini mana mungkin nggak ketemu debu? Di mana-mana ada bukan? Kalo bulu binatang masih bisa dihindari. Gue inget waktu TK sampe SD kelas satu, gue pernah memelihara kucing sampe lebihd dari sepuluh ekor. Tapi sejak gue ketahuan asma dan alergi, udah deh, tuh kucing dikasih orang sama nyokap gue.

Tapi alergi bukan penyakit yang bisa sembuh, cuma bisa berkurang karena penderitanya meningkat kekebalan tubuhnya. Dan itu terbukti kok sama gue. Gue udah sangat jarang asma, walau alergi mah jalan terus. Cuman nggak separah dulu. Kalo parah, apa iya gue mesti pake masker kemana2 kayak Jacko sekedar buat menghindari debu? Euuuhhh… enggak bangget deh.

Cuma karena keseringan ke dokter waktu kecil itu makanya sekarang gue nggak mau ke dokter kecuali gue udah ngerasa lumayan tepar gara-gara sakit. Dan Rabu kemaren, gue nggak tahan, demam gue tambah parah. Di kantor gue menggigil terus, makin siang malah itu demam bolak-balik ngeganggu. Gue nggak bisa kerja. Nggak kuat, gue putusin buat ke klinik yang ada di gedung gue dan berobat. Setelah itu gue izin pulang.

Tadinya, gue mau istirahat di kos aja, tapi adek gue telepon kalo nyokap mau datang hari Kamis. Akhirnya, daripada bolak-balik nanti gue putusin buat sekalian pulang dan istirahat di rumah. Ya udah, gue pulang dan istirahat. Lumayan, sakit-sakit bikin gue bisa nyelesaiin dua buku. Pertama buku yang baru dipinjemin Kenny, His Brother, dan kedua, Dress Your Family with Denim and Corduroy, memoar-nya David Sedaris. Kehabisan bacaan, gue cari buku yang belom gue baca di rumah. Ternyata masih banyak. Sekarang gue lagi baca The Sound of Mountain-nya Yasunari Kawabata, orang Jepang pertama yang menang Nobel Sastra tahun 1968.

Malam ini, gue keinget bahwa Jumat adalah deadline buat nyelesaiin kata pengantar majalah dan sambutan dari bos besar gue. Ya udah, kerja bentar deh, untung gue emang sengaja bawa notbuk kerumah. Soalnya, sakit sih sakit, tapi deadline kan jalan terus. Hiburannya, nulis blog ini. Wah, udah jam 12, udahan dulu ah, besok aja upload-nya sekalian ngirim imel ke kantor.

Oahem.…

PS: Ternyata, koneksi internet dari rumah gue begetoh super leletnya, gue mutusin buat nitip kerjaan pake disket ke abang ipar gue yang kebetulan kerja di satu bangunan. Tapi, upload-nya jadi terpaksa ikutan nunggu. Nggak sabar neh.

PPS: Terima kasih buat semua teman yang udah nulis pesan di tagboard, ngirim sms, bahkan nelepon, tengkyu banget buat perhatiannya, jadi terharu, hiks… I love you guys, really.

Old posting and comments

4 comments: