Wednesday, October 06, 2004

WATCHING Biarkan Bintang Menari

Salah satu keuntungan kalo sakit dan pulang ke rumah adalah bisa nonton tv. Yup, sampe sekarang gue masih belom beli kabel antena buat nyambungin ke antena luar di kos karena antena dalam itu gambarnya nggak bagus. Dan Senin malam, sehabis ngakak nonton Bajaj Bajuri episode Bajuri mati, yang ternyata menurut pakar Bajurisme, Rudy, adalah produksi 2002 dan diputer ulang tujuh kali, gue nonton “Biarkan Bintang Menari” di Transtv.

Gue suka, tapi menurut gue film ini jelek.

Hehe... kok bisa? Ya bisa dong, alasan kesukaan gue sama film ini subjektif. Pertama, gue emang suka musikal, mau teater ato film. Ini film musikal, wajar gue suka. Cuma, PDA, musiknya nggak inspiratif sama sekali dan nggak bikin adegan itu jadi kuat. Lagu-lagu awalnya lumayan manis dan cukup mendukung adegan. Tapi setelah adegan Ospek, nggak ada lagi lagu yang menarik. Lagu cuma tempelan secara ini musikal yang mestinya lagu jadi kekuatan dan bagian integral dengan film. Sapa sih yang bikin musiknya? Lo mesti banyak-banyak nonton musikal dari Singin’ in the rain sampe Chicago dan lihat gimana lagu jadi kekuatan utama.

Trus koreografinya juga, kacau! Pas adegan di tempat kerja Ariyo, lokasi pembangunan Pakubuwono Residence (commercial alert: plis kalo mau bayar iklan, japri aja buat nomer rekening gue ya) gue ngarepin para pekerja bangunan itu dengan serunya menari-nari dengan musik yang lincah dan ceria. Eh, ini, udah musiknya layu getoh, koreografinya jelek, dan lingkungan sekitar nggak dimanfaatin sebaik-baiknya.

Gue udah ngebayangin adegan kayak di lagu “Step in time”-nya Mary Poppins waktu Dick van Dyke dan Julie Andrews nari-nari bareng segerombolan para penyikat cerobong asap di atap-atap rumah di London, berlompatan dari satu atap ke atap lain, keluar masuk cerobong asap, tap dance, aduuuhhh... sumpeh deh keren banget! Salah ya, gue terlalu ngarep.

Tapi gimana juga, gue tetep suka film ini tuh.

Kenapa? Ini membawa kita ke alasan kedua, yaitu karena gue penggemar dongeng kelas berat, secara gue kan anaknya emang romantis *pipi bersemu merah*. Gue punya buku koleksi dongengnya Grimm brothers yang masih suka gue baca tiap mau tidur—dan gue lagi nyari buku dongengnya Andersen. Dan film ini memang diawali ketika sepasang bocah tukang mimpi yang terlalu bijak untuk umurnya harus berpisah dan diakhiri ketika kedua bocah bertemu lagi saat remaja dan memadu kasih (duh, bahasanya nggak kelewat kayak novelnya Freddy S kan?). Di bawah bintang, di tepi danau yang sama dengan di awal film, dan ditutup dengan sebuah buku terbuka yang kemudian ditutup bertuliskan “Mereka hidup bahagia sampai akhir jaman” (helloo... editor alert: zaman itu nulisnya pake zet dan bukan jaman pake je!) dengan diiringi narasi yang amat sangat nggak bangget dan mengganggu oleh suara seorang tante-tante, entah siapa. Maunya ngikutin Shrek, tapi sayang, gagal.

Gagal memang, secara gue gak terpengaruh tuh. Adegan itu so sweet banget.

Masih nanya kenapa? Begini ya, gue suka skenario dengan dialog yang cerdas. Dan yang nulis skenarionya—maaf nggak baca credit title dan di rumah internet amat sangat lelet—lumayan cerdas bikin dialog (lagian, buat research entry beginian aja gue mesti bayar telkomnet, nehi babu-ji). Perumpamaan orang jatuh cinta dengan jumlah bintang di langit, cinta dengan menjahit baju, lumayan manis buat jiwa romantis gue yang lagi menggebu-gebu secara baru ditolak getoh (okeh, jangan cerewet, gue tahu nggak baru-baru amat, tapi selama belom dapet ganti gue masih berhak pake itu jadi contoh kasus ya).

Tapi betenya, skenarionya nggak konsisten. Baik dialog maupun cerita. Kadang suka pake analogi yang secara udah dipake satu juta dua ratus tiga belas ribu enam puluh tujuh kali ya: Jakarta adalah kota yang penuh kepalsuan. Ibukota yang kejam, PDA! Hari gini! Ganti topik napah!

Terus, waktu adegan El Manik lagi meluk Ariyo buat minta maaf, masa sih mendadak dia nanyain semester sama IP segala? Dan ngeberondong getoh nanyanya? Aduh, lo tuh ganggu mood sedih gue deh! Secara adegan itu mestinya jadi saat gue ambil tisu sambil termehek-mehek, tapi gara-gara lo bikin adegan sok ngelawak gue jadinya mules secara gue masih diare, ya! Sebel!

Bodo amat, I still love the movie.

Dan dengan bebalnya lo masih terus nanya. Okeh, nih gue beri, alasan keempat: gue suka aktingnya Ariyo sama El Manik. Tapi gue sebel sama Ladya Cheryll (gimana sih ngeja nama anak ini? Orang tuanya penggemar film seri Charlie’s Angels ya? Secara satu-satunya bintang top yang gue tahu namanya pake Cherryl kan si Cherryl Ladd, salah satu Charlie’s Angels versi tv—pasti Rudy inget deh si Blondie satu ini bahkan mungkin bisa kasih info tambahan?). Dan, tentu yang juga gue sebal, perempuan tukang maksa itu, Maemunah. Untung perannya nggak penting dan nggak banyak. Masalahnya, biar sebentar dia nyanyi! Oh no!

Okeh, gue nggak pernah suka si Munah dari dulu. Ya abis, dia sih suka maksa nyanyi udah tahu dia kan cuma cantik doang. Udah getoh Addie MS juga ikut bersalah bikin gue tambah jutek sama si Munah secara tiap tahun dia selalu nampilin Munah di acara TO Concert di PS tiap Lebaran ma Natalan. Dan dengan tidak tahu malunya Munah duet sama Christopher Abimanyu, Rita Effendy, ato Agus Wisman! Oemji! Nyadar nggak sih suara lo terlalu ngepas, Munah darling honey bunny sweetie pie? (Cinta emang nggak cuma bikin buta tapi budeg juga, tuh, Addie MS jadi budeg gara-gara kelewat cinta ma si Munah!) Gini deh jadinya, kesebelan gue ma Munah dipupuk terus setiap gue nonton konser TO. Mo nggak nonton, rugi, secara itu kan gratisan. Dengan darah Padang gue yang ogah rugi mengalir deras dalam nadi, gue milih buat tetep nonton dan menggigit bibir untuk nggak mencaci maki setiap Munah dengan sumringah buka mulut.

Udah ah, ngomongin Munah, sekarang nyela Ladya dulu ya. Gue suka Ladya di AADC, secara dia pas banget maenin karakter rapuh dan melankolik di film itu. Tapi di film ini, jadi pemimpi romantis? Duh, enggak banget. Maennya kok samaaaaa aja gayanya kayak di AADC, gaya meweknya aja sama. Mending Rachel ketahuan.

Rachel Maryam di Andai Ia Tahu jauh lebih menarik sebagai pemimpi romantis, secara filmnya luar biasa jelek dan gue nggak suka dan yang bikin skenario tinggal di Merauke. Masa sih bisa-bisanya dia bikin Mamanya Rachel untuk ngomong sama Marcel buat ngejar Rachel dari Bintaro jam 7 malem, hari kerja, ke Gambir karena keretanya baru berangkat jam 7.30 malam? Dan Marcel sukses sampe Gambir jam 19.31 pas keretanya baru jalan! Gue sampe nangis sesenggukan secara memikirkan akal sehat gue yang udah hilang gara-gara ngebuang duit 30 ribu buat nonton film itu di bioskop, hiks....

Seperti gue udah bilang, gue suka Ariyo. Gaya cuek, sok tough, dan sekaligus hopelessly romantic guy begitu pas dibawain dia. Dan perkembangan karakternya juga dengan asyik dibawain sama dia. Walau itu codet agak lebai ya, tapi dia kewl banget deh. Dan itu suara dia sendiri nggak sih yang nyanyi? Kalo ya, keren. Asli keren, dan cukup bisa mengekspresikan karakternya. Secara si Ladya jelas banget di-dub nyanyinya sama si-sekarang-langsing-dulu-gendut-anggota-RSD-Sita.

Gue juga suka El Manik, tapi ya, secara kapan sih El Manik maen jelek? Dari Titian Rambut Dibelah Tujuh sampe sinetron—yang nggak pernah gue tonton itu—akting El Manik tetap El Maut kok.

Terus... aduh udah deh, jangan kebanyakan nanya, soalnya banyak cacatnya ini film, tapi gue tetep suka tuh. Karena seperti cinta, ia akan menafikkan segala kekurangan yang ada, ehem, gue dalem lho ngomongnya. Seperti Addie MS yang budeg kalo denger Munah nyanyi. Atau kayak Mas Wisa kalo denger Delon nyanyi, oh kalo ini sih emang secara Mas Wisa selalu nyumpelin kupingnya pake kapas karena dia paling benci sama suaranya Delon, hehe...

Tapi coba deh, sampingin semua logika objektif lo dan pejamkan mata dan bermimpilah. (Ya, pinter banget lo nutup mata beneran, mana bisa nonton tahu? Secara gue ngomong pake metafor.) Kayak nonton Harold and Kumar yang goblog abis tapi lucu abis juga itu. Pokoknya, biarin film itu mengisi ruang-ruang romantis lo (yang biasanya abis-abisan didongengin dalam chick lit—wah ini sih Mona jagonya), dan biarkan reaksi kimia itu bekerja. You’ll love the movie. Filmnya dreamy abis. Kalo nggak suka juga, ...

Lo anaknya nggak romantis banget sih?!

Old posting and comments

No comments:

Post a Comment