Tuesday, October 31, 2006

CARITO MUDIAK Rio, Masih Ada Pesawat yang Akan Lewat Bagian 2 (Kelar)

Hari udah jam 16.30. Sejam lagi pesawat gue berangkat dan gue masih nggak tahu apa gue bisa ikut terbang ato nggak. Nggak lama, seorang bapak-bapak berkumis ala Pak Raden datang ke gerai. Mbak MS dan Pak Raden pergi entah ke mana. Gue berdiri aja di gerai informasi itu sambil berusaha menenangkan diri dan nulis sms curhat ke beberapa teman.

Ada seorang cowok yang berdiri nggak jauh dari tempat gue bertanya,”tiketnya di-cancel ya, Mas?”

Gue yang lagi nggak konsen cuma ngangguk-ngangguk nggak jelas. Di gerai gue denger salah seorang petugas ngomong ke temannya, “...iya, masa sampe salah ngasih informasi dua kali.”

Hah? nggak salah denger nih, jangan-jangan Mas yang tadi nasibnya sama...

Selang beberapa waktu, Mbak MS dateng nyamperin gue. Dia bilang, “Pak, Bapak sudah saya daftarkan untuk penerbangan berikut sebagai cadangan...”

Cadangan? Nggak salah dengar? Begini ya, dari SD sampe SMA, gue nggak pernah masuk cadangan... tim olah raga. Pilihannya adalah gue masuk tim ato nggak sama sekali. Dan tentunya, secara gue sangat bodoh dalam berolah raga, boro-boro jadi cadangan, nggak pernah ada kali yang mau milih gue masuk tim! Hehe... jadi orang buangan kok bangga:D. Sekali-kalinya gue masuk tim olah raga adalah tim gerak jalan SMA. Yah, kalo itu bisa dibilang olah raga. Tapi kalo urusan masuk sekolah, secara sekolah gue negeri melulu, maaf ya *pongah*, gue selalu diterima tanpa lewat cadangan-cadangan segala. Lah sekarang, kok bisa-bisanya untuk terbang yang jadwalnya tinggak 45 menit lagi gue harus jadi cadangan? Kalo nggak berangkat gimana?

Mbak MS mastiin ke gue bahwa cadangan itu cuma istilah dan gue pasti berangkat. Lah kalo gitu kenapa nggak bilang aja gue pasti berangkat, nggak usah pake istilah cadangan, bikin stress aja. “Tapi,... [s78t! kenapa juga pake tapi-tapi segala?] ada biaya yang harus Bapak bayar.”

Yah ini orang benar-benar nekad, udah salah berani-beraninya minta gue yang nanggung akibat kesalahannya. Gue pun meledak.

“NGGAK! Ini kesalahan anda! Anda yang harus bertangggung jawab, bukan saya! Saya nggak akan bayar sepeser pun!”

Kali ini gue benar-benar nggak peduli untuk menahan kemarahan dan, akibatnya, suara gue yang TOA SDDS Dolby sound itu menggelegar dengan volume penuh! Mbak MS pun nggak berani berkata apa-apa lagi dan balik ke gerai menghadap Pak Raden yang gue yakin nggak perlu dijelasin udah tahu apa mau gue. Satu terminal juga dengar kali, hehe....

Nggak lama, dia nyamperin gue, dan ngomong tanpa berani menatap mata gue. “Pak, saya minta maaf, ini salah saya. Karena ini kesalahan saya, maka Bapak nggak perlu bayar apa-apa dan tetap berangkat jam 17.30 nanti. Cuma...”

Lah kok teteup ada tangkapan [baca: there’s a catch yaaa...].

“Saya minta tolong Bapak membantu saya menanggung biayanya. Maklum saya baru sebulan kerja di sini. Karena ini kesalahan saya, jadi saya yang harus membayarnya. Setengah-setengah aja.”

Gila yaaa... Ini orang nekad banget sih! Gue malah tambah jengkel ngedengar ada orang yang baru kerja sebulan tapi sok tahu dan nggak hati-hati! Dan ini perusahaan kok kebijakannya plintat-plintut ya. Sebentar begini, sebentar lagi begitu. Asli nggak bikin pelanggan ngerasa dihargain. Ampun deh.

Tapi ngelihat mukanya yang memelas, gue sedikit tersentuh. Sedikit aja ya bo:P. Gue pun bertanya berapa biayanya.

“450 ribu,” jawabnya.

Come again? 450 fu*&^ng thousands? Well, nehi babu-ji! Gue udah bayar tiket paling mahal buat berangkat ke Padang, satu juta lebih, dan sekarang gue harus nambah 225 ribu lagi? Nggak deh, makasih, gue batalin acara sentuh-sentuhannya. Gue masih terlalu murka untuk bisa merasa iba pada saat seperti ini. Lagian dari awal ini urusan prinsip pelayanan yang kacau, bukan duitnya.

Dengan dingin tapi err... bijak gue bersabda, “pelajaran ini emang mahal harganya.”

Dia pun menganggukkan kepala dan mengisyaratkan gue untuk memeriksa ke dalam langsung di gerai informasi AA. Sambil menunggu tiket gue diproses, dia menengok ke arah gue dan sekali lagi memohon, “jadi, Bapak benar-benar nggak bisa bantu saya?”

Yah, bebal nih orang. Gue malas berbijak-bijak ria lagi, dan menjawab dengan ketus, “Maaf, saya nggak mau dihukum untuk kesalahan yang nggak saya buat.”

Mbak MS pun nggak berani ngomong lagi.

Di pesawat, ternyata gue duduk sebelahan dengan mas-mas yang tadi nanya apa tiket gue dibatalin. Ternyata, dia punya cerita yang hampir sama dengan gue. Jadi, dia datang jam 3 kurang ke gerai 12 buat memeriksa ke dalam, tapi dia disuruh daftar di gerai 3. Udah antri lama di gerai 3, eh dia disuruh petugasnya ke gerai 12. Ternyata, memang dia harusnya memeriksa ke dalam di gerai 12. Cuma dalam proses ping-pong dan antri itu, pesawat udah berangkat. Sama kayak gue, dia juga diminta untuk membayar untuk dapat diikutsertakan dalam penerbangan berikut. Bedanya,... dia memilih untuk membayar 450 ribu supaya bisa berangkat.

Coba, rese kan Adam Air? Dua kali kesalahan dalam satu penerbangan di hari yang sama! Petugasnya itu pada di-training nggak sih? Lebih nggilaninya, masalah yang sama diselesaikan dengan cara yang berbeda. Hanya karena gue bersikeras aja, gue nggak bayar sepeser pun. Tapi kalo gue diam dan pasrah nggak mau ribut kayak Mas tadi, berarti gue harus membayar untuk kesalahan yang dibuat oleh AA. Gue bener-bener nggak ngerti sama perusahaan jasa seperti AA yang punya pola ngebiarin orang marah-marah dulu baru dikasih haknya.

Duh, Adam memang Nabi pertama ya... tapi Adam Air buat gue sih pilihan terakhir kalo mau terbang.

25 comments:

  1. whuaa.. lega.. akhirnya gak penasaran lagi. :)

    Jadi ikutan ngambil hikmahnya ah, kayanya kalo di situasi kaya gitu emang harus keras ya Da... Daripada jadi bulan2an org2 itu

    ReplyDelete
  2. Anonymous2:39 PM

    eh..jadi ingat. pas pulkam dulu, 2.5 th lalu. aku lagi di bandara Yogya nunggu pesawat ke Bali. pesawatku terbang jam 7 malam (aku pakai garuda). ruang tunggu penuuuh banget. ternyata itu banyak penumpang delayed dari AA tujuan Jkt. mereka harusnya terbang jam 1 (atau 2)siang , sampai menjelang jam 7 malam, baru ada kepastian mereka baru akan terbang jam 9 malam, itupun si pesawat baru saja berangkat dari Jkt ke Yogya :D. alasan klasik: kerusakan teknis.
    aku ingat juga pas diumumin, di ruang tunggu langsung bergema: huuuuuu...:P

    ReplyDelete
  3. Anonymous2:47 PM

    Abis itu pake maap2an lahir dan batin nggak ama mbak MS? :D ... bagi2 ketupat.. :))

    Ini yang kelar cuma bagian ini doang kan? Yang Carito Mudiak nya masih ada lagi dong? kan belon cerita setelah nyampe disana.. :D

    ReplyDelete
  4. DHIA sebenernya kan nggak perlu kalo perusahaan itu mau ngedepanin kepentingan penumpangnya dan punya kebijakan jelas. Kalo mereka salah, ya ngaku, dan jangan penumpang dirugiin. Tapi sayangnya di sini belom gitu:(.

    MBAK RIA amit-amiiiiiiiittt... Dan itu Garuda ya, our flag carrier, nggak heran kalo yang laen ceritanya bisa lebih parah.

    Q tahu tuh, Mbak MS nggak ngasih gue ketupat, hehe...

    Masih banyak cerita kok, cuma yah, you know lah:P.

    ReplyDelete
  5. Anonymous6:03 PM

    Dear Rio,

    It is a right decision for you to stand up your rights and budge nothing to such mishap. I would suggest you to take it to the next level, put it up to the media, so AA management would up to the challenges toward their shortcomings.. I travel a lot as well, with major carrier, and I happento experience some minor problem, putthem in writing, by fax, email and copied to the Travel Magazine that the airline placed its advertising there, within a week and two,they send me a check for US$200+Bonus Mileage on my account. Dunno whether such response would be applicable back home..

    It's a nice entry and good to know that your lebaran home-coming went allright after all. Hugs from West Africa.

    ReplyDelete
  6. Nah, akhirnya elu bisa terbang juga yah Yo ... terus kog oleh oleh nggak di bawa sih ? Pasti masih ada cerita behind the scene nya nih ... *kedip kedip*

    ReplyDelete
  7. Siip dah Yok, jadi cerita loe ama kejadian gw sama yahh..*tosh*. Stand up for our rights tidak akan pernah salah deh ya:)
    Then cerita lebaran lainnya? ketemu lagi sama I DON'T KNOW temennya si DON'T WORRY gak ??..hahaha

    ReplyDelete
  8. wuduh galak bener..aku baca dari awal sampe akhir kek aku dengerin ceritamu sendiri ..hehe cerita mudiak lebaranmu emang TOB markotob deh

    ReplyDelete
  9. Seru ya cerita mudiak nya tiap taon slalu berwarna, dari pak Don't Worry sampe ketinggalan pesawat gara-gara salah di kasih informasi.

    Cerita Baliak nya nggak ada nich?
    Ditunggu...

    ReplyDelete
  10. LUIGI: poin mileage bertambah? aduuh.. ini adam air gitu lho? mo ngarepin apa siy? expect them to send checks? hhmm... jalan ke ujung dunia dulu kali yah! hehehe!

    bang rio: gimana kalo next time rutenya: CGK-SIN-PDG aja! ke singapore-nya pake SQ gituh! trus baru ntar cari SIN-PDG pake Tiger Airways boleh deh! fufufufufu :D

    pokoknya bukan Adam Air gitu kan! *kabuuuuuur*

    ReplyDelete
  11. atau JetStar Asia... eh ada yg ke Padang ngga yah? hehehe!

    ReplyDelete
  12. Anonymous8:19 PM

    BAGUS! Emang kudu keras gitu ngadepin para petugas yg masih seenaknya, terutama di Indonesia. Halah, jangankan di Indonesia, di sini juga kita musti marah2, nyari manager segala kalo pelayanannya ngawur. Bedanya, di sini petugasnya gak marah2 balik, hihihihi...

    Gw setuju sama Kang Luigi, mustinya ditulis tuh kejadian itu di koran, supaya mereka lebih korek lain kali (walopun lain kalinya masih 1000 tahun lagi!). Ditulisnya di semua koran aja, mulai dari Pos Kota, Kompas, sampe Jakarta Post.

    ReplyDelete
  13. LENJE: skalian kalo perlu pasang di Asian Wall Street Journal dan Far Eastern Economic review plus Time, Newsweek dan Business Traveler yah! halah... kok malah jadi tukang jual majalah ya gw? hehehe!

    ReplyDelete
  14. Anonymous10:10 PM

    haduh ka rio...seru banget yah ceritanya. tambah seru lagi klo masuk surat pembaca tuh kayaknya..hihihi.. besok2 klo mudik jangan numpang bang adam lagi deh...drpd runyem *ga abis2 ngebayangin ka rio adu mulut (baca: debat) ama mbak Mayang Sari eh..mbak MS*

    ReplyDelete
  15. Anonymous5:10 PM

    Yey masih mau terbang ma Adam Air ?? walau dibilang pilihan terakhir kan tetep dipilih. Amit Amit jabang beibeh...

    Nehi ah Yo, gak usah aja. Banyak jalan menuju ke Roma, naik getek juga gak pa pa daripada naik Adam Air.

    Mel's Mom

    ReplyDelete
  16. Anonymous10:27 PM

    Yoi, kalau masuk surat pembaca pasti seru!
    AA langsung bangkrut kayak 'KyuBi' Book Store.
    *kabur jauh-jauh*

    ReplyDelete
  17. LUIGI Thank you. yes, I'm writing the letter, and hopefully this will help Adam Air improve their lousy performance.

    IQBAL tentu ada sebab;). Tunggu ya:D.

    APEY tos! Hehe... nggak ada kasus nama aneh lagi, lagian setelah Don't Worry, udah nggak mungkin ada yang lebih gila dari itu.

    ReplyDelete
  18. UNAI tengkyu, hehe... Nggak pengen sih ngelabrak orang, tapi yaaa... mau gimana:D. Diprovokasi siiihhh...

    NIEKE ada kok cerita balik. Tunggu aja;).

    DODY bayarin.

    ReplyDelete
  19. YAYI iya nih kapok;). Lagian sih, Mas ADAM itu kan punyanya Mbak INUL *garing*:D

    TANTE haha... pastinya sih nggak mau:D. Aku lagi ngarep OPEN SKY cepat diterapin biar maskapai asing bisa buka jalur domestik. Kalo udah gitu, rasain deh yang kinerjanya model Adam! Kelibas bisa2 nanti.

    PENG haha... rese lo:P!

    ReplyDelete
  20. Dahling

    Mudah2an elo gak jadi anti ama anak gue gara2 namanya sama.. :))

    ReplyDelete
  21. Anonymous10:44 AM

    Makasih ya untuk review-nya. Moga2 maskapai lain nggak seperti ini juga..
    doel

    ReplyDelete
  22. naik kendaraan umum emang ada aja masalahnya

    gw inget waktu mau ke Sorong (dengan Garuda), udah chek in pagi-pagi secara pesawatnya jam 5 pagi, ternyata ditunda sampe jam 10 pagi. :-<

    juga waktu ke Jambi, dengan Mandala, mereka dengan santainya mengumumkan bahwa penerbangan mereka ke Semarang, ditunda karena ketiadaan pilot, gubraks !!!!

    jaman dulu, sudah jadi rahasia umum, kalau maskapai terkenal di negeri ini acap merapel penerbangan dari Palembang ke Jakarta. Dalam arti, kalau penumpang jam 1300 sedikit kadang suka dialihkan ke jam berikutnya dengan alasan kerusakan teknis :-S

    tapi, Yo, yang penting elo jadi mudiak dan jadi punyo carito :D

    ReplyDelete
  23. Anonymous6:14 PM

    Wuiiihhhh uda Rio galaaakkk... akut aahh... hihihihi...

    duh si mbak MS itu mimpi apa yaaa sampe kena semprot abis²an gitu sama lo. Ati² ntar dicari ma pacarnya :P

    ReplyDelete
  24. Anonymous3:45 PM

    untung aku bacanya setelah tamat, jadi ngga penasaran. emang tuh, tiap berangkat terbang pasti aja ada masalah. at least, kena delay. maklum, mreka ngga bisa menerbangkan pesawat klo jumlah orangnya ngga mencapai target, begitu juga dari daerah (1 pesawat unt jkt-padang).. ya tergantung di jkt/padang nya yg ngga mencapai target. makanya dialihkan gitu.

    air asia begitu juga, tapi masih mending, mreka kabari via sms atas nama Air Asia. aku juga pernah setahun yg lalu, kena Adam Air, di sms-in telat, eh, ternyata ngga telat, jadinya sengaja dateng telat, dibilang telat. damn... singkat cerita, walopun harus tidur di airport (di citibank lounge & ditemani pula) besoknya dapet tiket gratis wings air jg.

    kejadian ini sering, apalagi unt pemakai tiket pesawat murah.

    ReplyDelete
  25. Anonymous11:23 AM

    eits..eits....
    novel pubernya enak juga nii....
    novel pa lg yg baru dri loe ???
    ntar ksi tau ya !!!!!

    ReplyDelete