<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11556135\x26blogName\x3dfor+a+moment\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://guario.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://guario.blogspot.com/\x26vt\x3d8883002381500247543', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

CARITO MUDIAK Rio, Masih Ada Pesawat yang Akan Lewat Bagian 1


Hari Senin tanggal 23, gue berencana balik mudik. Gue berangkat jam 15.50, jadi hari itu gue pikir gue masih sempat melakukan ini-itu yang sebelumnya tertunda karena kesibukan. Pertama gue pulang ke rumah untuk mengambil titipan baju yang dibeliin adek gue buat nyokap-bokap, terus minyak tawon yang gue titip beli lewat tetangga yang mau balik dari Makassar, dan... kwaang-kwaang... bonusnya adalah kakaknya adek ipar gue yang baru datang dari Singapura buat Lebaranan di Jakarta ikutan nitip satu kotak gede buat keluarganya di Pandai Sikek. Setelah gue coba angkat dan nggak terlalu berat, biar ukurannya segede-gede Bagong, stralah, gue angkut dan masukin taksi.

Gue sampe bandara sekitar jam 14.00. Agak-agak rekor buat gue yang biasanya emang paling males nongol buru-buru kalo mau memeriksa ke dalam (check in kaleee...). Gue cari gerai, ceilah gerai, Adam Air (AA—kayak merek buku ya:D) yang ke Padang dan ketemu di gerai 12. Pas nyampe, seorang petugas, mbak-mbak gitu, menyapa gue menanyakan tiket. Gue kasih tiket gue ke dia.

“Mas, udah konfirmasi sama Adam belom?”

“Err... belom sih,” jawab gue. Biasanya gue emang selalu konfirmasi jadwal kalo mau terbang. Soalnya, gue paling malas nunggu di bandara, apalagi domestik, mau ngapain coba? Ngupi? Halah, kopinya Nescafe 3in1 semua. Kali ini gue lupa, tapi Adam Air-nya juga nggak ngabarin apa-apa. Jadi gue pikir nggak ada perubahan.

Mbak petugas tadi pun membawa tiket gue ke gerai informasinya AA dan nggak lama kemudian dia balik. “Mas,” katanya. “Jadwal penerbangan pesawat Mas dipindah ke jam 17.30. Sekarang masih check-in untuk yang jam 15.50.”

“Oh, kalau gitu saya tunggu.”

Dia mengangguk dan gue pun mendorong troli ke pinggiran, dekat gerai informasi AA. Sangking udah biasa banget sama jadwal penerbangan domestik yang molor, gue nggak protes, kepikiran juga nggak. Gue langsung nelepon Bokap untuk menjemput gue jam 7-an aja dan kemudian duduk di atas troli sambil membaca buku tentang “Ahli Sejarah”-nya Elizabeth Kostova.

Jam setengah empat, gue bangun dan nyari gerai ‘memeriksa ke dalam’ ke Padang untuk penerbangan jam 17.30 yang buka. Cuma ada di nomor tiga dan antriannya udah lumayan panjang. Hampir setengah jam antri, gue pun menyerahkan tiket gue ke petugas di balik meja. Tetapi, pas dia lihat tiket gue, dia bilang bahwa gue seharusnya memeriksa ke dalam di gerai 12.

Gue heran karena tadi gue lihat gerai 12 udah tutup, nggak ada aktivitas makanya gue nyari gerai lain yang buka ke Padang. Dengan tergesa-gesa gue pun mendorong lagi troli gue ke gerai 12. Benar kan, kosong. Gue samperin petugasnya dan menanyakan apa AA punya dua penerbangan ke Padang jam 17.30 di hari yang sana. Dia jawab nggak ada. Dengan heran dia lihat tiket gue dan menjelaskan kalo penerbangan gue seharusnya jam 15.50 tadi. Dia bilang gue seharusnya memeriksa ke dalam paling telat jam tiga. Sekarang, pesawat yang seharusnya gue naikin baru aja jalan.

Sekarang giliran gue yang bengong, kok bisa? Gue jelasin ke Mas petugas kalo gue udah datang dari tadi dan dibilangin sama salah seorang petugas AA kalo penerbangan gue ditunda ke jam 17.30. Itu sebabnya gue nunggu. Jengkel, gue celingukan mencari mbak-mbak tadi buat minta pertanggungjawaban. Ndilalah, si Mbak, mari kita sebut sebagai Mbak MS, tiba-tiba udah berdiri di sebelah petugas cowok yang ngasih penjelasan ke gue.

Pucuk dicinta ulam tiba, mestinya lo tadi langsung kabur aja Mbak MS dan bukannya nyamperin gue yang darahnya mulai naek ini. “Mas, Mbak ini yang tadi ngasih tahu saya kalo penerbangan saya ditunda ke jam 17.30,” gue berusaha menahan suara gue biar nggak terlalu keras sambil menunjuk ke arah Mbak MS.

Mas tadi bertanya ke si Mbak apa iya dia bilang ke gue kalo penerbangan ditunda. Dan, Mbak itu ngeles dengan bilang kalo dia nggak ingat.

Apaan? Nggak inget? Oh, lo cari gara-gara, Mbak MS. Gue yang memang ‘penyabar’ ini tentunya nyolot, “Lupa?! Mbak, saya udah sampe dari jam dua tadi! Kalo nggak, ngapain saya ngejogrok kayak orang tolol di sana [sambil nunjuk tempat gue tadi markir troli]! Saya baru check in sekarang karena Mbak yang bilang bahwa penerbangan saya ditunda!”

Mbak MS mulai kelihatan panik. Tiket gue dia ambil dan dia bawa lagi ke gerai informasi AA. Gue dorong troli gue dan gue parkir di dekatnya. Nggak lama dia nyamperin gue dengan seorang petugas cowok yang lain. Si petugas ini bawa handy talkie, jadi mari kita panggil dia Mas HT.

Mas HT bertanya ke gue gimana ceritanya sampe gue bisa ketinggalan pesawat. Lelah, gue ulang lagi cerita bagaimana gue datang jam 14.00 dan dibilangin sama Mbak MS kalo penerbangan 15.50 gue ditunda ke 17.30. Mas HT bertanya ke Mbak MS apa benar cerita gue, dan Mbak MS kembali mengulang dongeng yang sama bahwa dia lupa.

Mas HT bertanya lagi ke gue, dengan kalimat yang lain, tapi intinya sama, menanyakan kenapa begini kenapa begitu. Gue berusaha menyabarkan diri dan mendongeng sekali lagi dengan bahasa yang berbeda tapi ceritanya sama aja. Kembali Mas HT bicara dengan Mbak MS, entah apa, karena gue udah malas mendengar dan mengalihkan pandangan gue ke arah lain. Terminal 1C Bandara Soekarno Hatta sangat sibuk di hari terakhir puasa—dan bagi sebagian udah hari Lebaran—ini.

Eh, nggak lama, Mas HT bertanya lagi ke gue untuk yang ketiga kalinya, gimana ceritanya gue bisa terlambat. Jelas, darah gue yang sekarang udah di ubun-ubun bikin gue udah nggak bisa ngendaliin amarah gue, dengan suara keras gue jawab, “Mas! Saya udah jelasin berulang kali kalo saya nggak terlambat tapi...”

Tiba-tiba, omongan gue dipotong sama Mas HT, “Pak, jangan marah-marah. Saya kan berusaha cari solusinya. Dan saya kan juga perlu dengar cerita dari rekan saya...”

Kali ini giliran gue yang motong omongannya, “TIME OUT!” Asli, gue ngomong ‘time out’ lengkap dengan gestur bikin huruf T pake tangan udah kayak pelatih bola basket yang panik klubnya ketinggalan tiga angka sementara waktu udah tinggal tiga detik lagi. Maklum, kalo lagi marah jiwa Londo Kumpeni gue emang suka keluar dan bahasa yang gue pake udah campur aduk, hehe...

“Kalo Mas butuh bicara sama rekan mas ini [gue nunjuk Mbak MS], JANGAN tanya ke saya terus-terusan tentang hal yang sama. Silakan bicara berdua sana. Yang saya tahu, saya harus berangkat jam 17.30 nanti! Kalo anda berdua nggak bisa selesaikan masalah ini saya mau bicara dengan manajer anda!”

Mereka pun ngacir dari hadapan gue.
« Home | Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »

8:23 PM

Ya ampun Yok, ternyata judesnya masih sama. :P
dan masih aja hobi bikin entry tegak bersambung, penasaran tauk! :P

Btw, mohon maap lahir batin ya. ;)    



9:51 PM

PENG rese:P. Gue nggak judes, cumam membela hak2 yang tertindas, huehue...

Ya kan panjang ceritanya, gue kan kudu kerja kalee:P. Tengkyu yaaaa...    



5:57 AM

Lalu?lalu?naik pesawat jam bara?;-)    



6:31 AM

Yoooo....
nggak bisa ngomong apa2 sih kalo ttg semrawutnya jadwal penerbangan domestik.

btw, itu buku "ahli sejarah" nya mbakyu elizabeth kostova bagus nggak? aku udah beli sejak seabad silam *hiperbola* tapi belum sempat baca :P    



6:43 AM

*duduk manis di pojokan, menunggu kelanjutan kisah "Rio Mengamuk di Bandara", sambil baca... errr baca apa ya?... *    



10:59 AM

KIKY saba yo Uni:). Emangnya naik:P?

MBAK RIA begitulah. Kudu banyak sabar, sementara itu yang aku errr... nggak punya:D.

Baguuuussss... yah menghibur lah pokoknya, dan lumayan nyeremin kok:D.

Q yah, itu emang alternatif judul, 'ngamuk di bandara':P. Baca Airplane-nya Chricnton aja:p.    



12:39 PM

Tuuhhh kan benar spt yang gw bilang dikomen sebelumnya... elo paling pinter cerita, kenapa ngga jadi novelis aja Yo hehehe :P

Jadi gimana nih sambungannya.. dah ngga sabar nih. Jadi pulang kampuang ndak abang Rio ko..?? Kalo jadi oleh²nya tolong dikirim ke rumah yaaa hahahaha...    



12:46 PM

yaolo... hidup lo penuh drama banget si bo.. salut deh! gw stranded 5 jam tanpa kepastian di jogja kemaren pasti gak akan menang kualitas dramanya dibanding lu 'ngamuk' di bandara ini :D

hayo buruan diterusin critanya, tinggalin aja deh kerjaan slavery lu ituh!!!    



1:04 PM

ERFI tengkyu.. *tersipu malu* lanjutan cerita? errr... sabar yaaa...;)

NANA rese! Gue kan nggak nyari drama:P. Lah lo kenapa juga stranded di bandara 5 jam:D? Iya, nih gue lanjutin.    



2:11 PM

Yo, tampar dan jambak ajah tuh mbak MS . Ngomong ngomong MS ini bukan Mayang Sari khan ?    



3:17 PM

Ini dia yg selalu didambakan para pembaca budiman penikmat blog seleb satu ini..awas-awas Yok.... *megangin kpalanya Rio biar gak kepentok jendela* :)

SO, jadi rusak deh bayangan gw Senin pagi itu abis telp lebaran ke elo...gw bayangin aja bahwa malem takbiran (buat lebaran versi Selasa) kamu bakal nyampe di Padang dgn peacefully...hiks banget! Ini udah yang kesekian kalinya gw denger nistanya penerbangan domestik specially pake ADAM AIR itu, even gw sendiri blm pernah naek AA tapi asli gw jadi tmbah gak minat nyoba terbang pake AA.

Kejadian persis sama kejadian di gw juga dgn BATAVIA AIR, (gpp kan sekalian jadi pengaduan konsumen disini). Lebaran 2 thn lalu yg gw di Jakarta dan gw harus balik ke SBY bawa mertua kakak gw yg besok Seninnya kudu periksa dokter buat HAJI dan gw juga kudu balik ngantor sehabis libur lebaran. Udah ambil fligt jam 5 sore, confirm 3 hari sebelumnya udah OK, ehh..begitu masuk gerai MEMERIKSA KE DALAM..dgn santai petugasnya ngomong : Loh mbak..pesawatnya udah terbang jam 1 siang tadi.... what the KICK bangett kan?

Naik pitamlah gw dan secara tingkat pengendalian emosi gw kadang gak stabil-2 amat...gw marah-marah yg intinya gw ngomong saya gak mau tau..saya harus pulang malam ini dan saya gak mau nambah biaya apapun. Belakangan gw tau kalo gw gak sendirian yg jadi korban early flight itu, krn masih ada sekitar 6 penumpang lain yg terlantar. Akhirnya dgn ngototisasi, malem itu kita di forward (email kalee) balik ke Sby pake STAR AIR yg udah almarhum itu, and you know what? penderitaan blm berakhir krn kudu delay 4 jam. Sambil nunggu gw liat kayaknya nih pesawat nunggu juga muatan dari penumpang dari pesawat lain yg tercecer kalee....heheh...penerbangan domestik suka SUCK bgt !

Lah sih ? panjang bgt comment gw yaa...posting dalem comment nih :))
terus akhirnya piye tuh penerbanganmu Uda?    



4:54 PM

Arrgghh.. sebeeellll.. Mana sambungan ceritanyaaaaaaa *penasaran mode ON*. hehehehe... ikut2an emosi jiwa nih...

Trus... trus.. gimana?
Gila yah Adam Air, gak cuman pramugarinya yg norak, orgnya juga ikut2an norak..

Btw Met Lebaran    



9:20 PM

Makanyaaa...

kalo di pasar senen, trust no one.

tapi kalo di bandara, jangan percaya pada wanita bermata kinclong!
percaya dan berpedoman sama kerlap-kerlip papan jadwal penerbangan saja. :P    



6:06 AM

Boleh nih pengalamannya jadi tips untuk tidak terbang dengan AA hehehe... Time out dulu untuk tunggu cerita bagian kedua...:)
doel    



11:15 AM

Bener banget Yo, temenku terbang dengan Adam Air dari Balikpapan ke Jakarta . Sama banget ma Rio pengalamannya dan selamat setelah temenku mengerahkan akting andalannya, melotot, gebrak meja dan kacak pinggang yang jaraaaaang banget dia lakukan saking penyabarnya dia. Setelah akting itu dilakukannya barulah crew2 Adam air itu bisa berfikir dengan baik. Maklum turun temurun leluhur kita dijajah Belanda. Mentalnya itu lho, kalo belom dibentak bentak , kagak ON deh otaknya.
Maaf buat cred Adam Air yang gak kayak gini
Mel's mom, Mohon maaf lahir batin ya Yo.    



4:50 PM

IQBAL maaf ya, lo pikir gue cowok apaan:P? *pongah*


APEY bagus, hayooo komplen dong:D. Emang kudu dijitakin nih airline kita. Mereka mikir nggak ya, kalo udah kebijakan OPEN SKY nanti jalan dan airline luar negeri bisa bikin rute domestik, nah baru rasa deh lo! Kalo pelayanan mereka masih kayak sekarang sih, nyungsep aja deh lo pade:D. Jadi sekarang yah sabar2 aja dulu.

DHIA hah? Pramugarinya norak ya:D? Met lebaran juga yaaa...    



4:53 PM

PENG halah, kinclong juga kagak kok:P.

DOEL heeh:D. Opsi terakhir aja deh Adam Air itu.

TANTE sama2 lebaran ya. Wah bener banget tuh, baca lanjutan ceritaku deh. Itu yang aku tegasin, sebenernya, males banget marah2 kayak gitu.    



9:54 PM

garuda plus plus dooooonk! bagasi 30kg gituh! hehehe... ga nyambung ya, bang? heheh... biarin :D    



»

Post a Comment