<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11556135\x26blogName\x3dfor+a+moment\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://guario.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://guario.blogspot.com/\x26vt\x3d8883002381500247543', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

CARITO MUDIAK Lo pikir gue Kak Seto?


Waktu nunggu boarding, gue teleponan sama Kathy dan curhat soal AA dan Mbak MS-nya. Tiba-tiba, lagi seru-serunya curhat, gue terdiam. Kathy bingung dan bertanya kenapa. Gue pun tertawa miris karena jengkel dan ngasih tahu penyebabnya.

“Coba yaaaa.... Kenapa tiba-tiba di sebelah gue ada anak kecil yang ngelihatin gue teleponan sama lo? Rese banget! Kecil-kecil tukang nguping!”

Kathy tertawa ngakak. Dia tahu banget betapa ‘pecinta’ anak-anaknya gue:P. Yaaa... di antara sejuta orang di gate 6 ini, dan banyak orang lain yang juga pada sibuk nelepon, kenaaaaapaaa ini bocah justru memilih duduk dekat gue sambil menjulurkan kepalanya, asli, benar-benar melongokkan kepala memandang ke arah gue dengan tatapan kosong kayak orang lagi sakau vetsinnya Anakmas. Gue pun berhenti ngomong dengan harapan dia pergi, tapi dia masih ngeliatin aja. Ngebetein ya nih anak. Dia pikir gue Kak Seto apa?

Begini sodara-sodara, gue emang gerah sama anak kecil *sambil memohon dukungan Edwin dan Yungni, ketua dan wakil ketua umum Asosiasi Anak Kecil Ke Laut Aje* Buat gue mereka itu berisik, jorok, tukang nangis, tukang ngompol, bau, nggak bisa diam, dan cuman ‘layak’ dilihat lima menit abis mandi. Setelah lima menit, semua bocah bakal asam bau keringat, debu, susu tumpah, badannya belepotan tanah dan krayon, dan tangannya lengket gara-gara makan permen dan coklat sampe lumer.

Sekarang, hubungan gue dan anak kecil emang udah nggak separah dulu. Pernah, waktu gue maen ke rumah Ratih, teman SMA gue, segerombolan anak SD lari mengelilingi lingkungan sekolah dan lewat rumah Ratih dengan berisiknya. Komentar gue cuman gini, "lo punya samurai nggak, Rat?" Heran, Ratih jawab nggak dan bertanya buat apa. "Nggak," jawab gue kalem. "Gue pengen ngejulurin samurai di depan pagar rumah lo, jadi pas tuh bocah2 lewat tinggal ketebas aja lehernya."

Sadis ya. Yah, itulah wujud err... kecintaan gue sama anak-anak waktu masih SMA.

Tapi jangan takut, sekarang gue udah jinak kok;). Semua itu berubah sejak gue bergadang menunggu kakak gue yang akan melahirkan anak pertamanya. Gue melihat dia menahan rasa sakit yang sangat dari siang hingga pagi. Nggak tega banget melihat kakak gue begitu kesakitannya. Rasanya kalo bisa, dibagi aja deh sakitnya, gue rela kok. Hari itu gue belajar bahwa proses melahirkan itu benar-benar perang hidup-mati yang melelahkan buat si ibu. Dan mungkin karena anak pertama, perang itu berlangsung begitu lama.

Ketika pertempuran itu selesai di waktu Subuh, kakak gue menang, dan suster membawa anak kakak gue keluar untuk di-adzan-kan ayahnya, bayi keriput berwarna merah itu, keponakan pertama gue, Fauzan, gue merasakan sesuatu yang nggak pernah gue rasain sebelumnya. Gue melihat bayi jelek itu (sadarlah para orang tua, anak lo tuh nggak ada yang cakep kalo baru lahir, asli:p!) kelihatan begitu rapuh, matanya memejam dalam balutan kain, dan tiba-tiba gue merasa, biar bayi itu jelek, bayi itu anak kakak gue yang lahir buah perjuangan hidup-mati lebih dari 24 jam lamanya. Gue pun merasa rongga dada sesak sampai tenggorakan terasa tercekat rasanya dan mata gue terasa berat dan air pun menetes nggak tertahan. Gue nggak ngerti perasaan itu apa, dan kenapa gue menangis. Sambil menatap bayi merah itu, keponakan pertama gue, dari balik kaca, gue sadar apa yang gue rasain, I just love him.

Tapi... marilah kita kembali ke zaman jahiliyah waktu keponakan gue belom lahir. Waktu gue masih menganggap anak kecil seperti kecoa di kamar mandi, bawaannya pengen diinjek aja. Kembali ke suatu sore yang cerah, sewaktu gue baru pulang kuliah. Hari itu, seperti biasa gue naik mikrolet dari Kampung Melayu, setelah turun dari Stasiun Tebet. M27 yang gue naikin nggak penuh isinya, paling gue dan 3-4 orang lagi. Gue duduk di pinggir dekat pintu biar nggak panas karena banyak angin.

Di satu tempat, naik seorang ibu dan anaknya yang berumur sekitar 4-5 tahun. Mereka duduk di pojok. Mendadak, nggak ada permen nggak ada es krim, itu bocah pindah duduk ke sebelah gue persis. Ada banyak tempat kosong dalam mikrolet itu dan dia memilih duduk di dekat gue. Mepet-mepet pula! Huaaaa... mau nangis rasanya. Gue pun bergeser ke kanan, eh, itu anak ikutan geser. Wooiii! Ngapain sih ikutan geser?

Gue melihat ke arah anak kecil yang tadi pindah duduk ke sebelah gue di mikrolet, pengen ngejitak kepalanya. Pas gue lihat, aduuuhhh... gue jadi geli. Begini ya, itu anak bajunya kotor, udah gitu ingusnya meler turun naik dan dia hapus pake tangan dan, juaranya, tangannya nempel ke baju gue. Aduuuhhhh... kenapa sih ini anak nggak duduk dekat ibunya aja?

Jengkel, gue pun melototin mata gue selebar-lebarnya ke arah dia sambil menggeram-geram kecil, “urghhh... urghhh...”

Anak itu menatap gue dengan muka ketakutan. Tiba-tiba, dia menangis keras-keras dan berlari pindah ke dekat ibunya. Gue pura-pura cuek menatap ke depan. Ibunya yang nggak terima anaknya gue pelototin balik marah-marah.

“Enak aja anak gue dipelototin! Gue tahu anak gue kotor... tapi... sialan... kurang ajar... mentang-mentang... anak gedongan... gue orang miskin... diperlakuin seenaknya!....”

Lho kok jadi urusan kelas sosial dibawa-bawa? Eh, Mak, begini ya. Pertama, kalo gue anak gedongan, gue kagak naek mikrolet kaleee... Terus, sejak kapan gue pilih kasih sama anak kecil? Mau kate anaknya Sophia Latjuba kek, anaknya Krisdayanti kek, gue juga males dekat-dekat kali! Apalagi kalo ingusan, bajunya kotor abis maen pasir, tangannya belepotan gulali, iiiiihhh... gue buru-buru angkat kaki seribu deh!

Tapi tuh emak nyerocooosss aja nggak kelar-kelar. Satu mikrolet jadi pada ngeliatin gue sampe akhirnya gue nggak tahan. Biar belom sampe rumah, gue turun di tengah jalan.

Malu, tahu!
« Home | Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »

4:43 PM

Naluri keibuan kan juga operlu waktu untuk berproses kaleee ... :)    



5:19 PM

i love kids!:D

aku udah biasa tuh ngasuh anak kecil sejak dulu. adik2ku dan para adik sepupu. sekarang ya para keponakan ;)

asyik loh mengenalkan hal2 baru pada mereka. melihat mata yg jernih terbelalak...    



5:47 PM

BASKIN huehue... iya nih, cuma kalo gue mah mentok:P.

MBAK RIA Mungkin karena aku adek-kakak beda umur cuma setahunan, jadi nggak biasa ngasuh adek. Aku belajar semua itu setelah punya keponakan. Kalo nggak ada mereka (keponakan), errrrrrrrrr.... gak tahu deh hehe....    



8:17 PM

bang.... anak kecil itu adalah penjelmaan dirimu sendiri! hehehe.... nah.. ketahuan kan skrg abang rio spt apa! hehehe...

*kabuuuuuuuuuuurr*    



9:53 AM

Ya ampuuun Riooo... ntar kalo dah punya anak sendiri kali baru nggak phobia lagi...    



3:16 PM

bang katanya orang2 tua dulu nihh ntar bisa berbalik loh, klo benci banget ma anak yg kotor, bandel, ga bisa di atur ntar anak nya bakalan kaya gitu deh
hayoooo    



3:20 PM

Setuju! Anak kecil memang menyebalkan.

Dan...

Mereka senang melihat benda2 yang bentuknya bunder atau kerucut, apa hayo. :D

*inosen*    



4:53 PM

Lo pikir selama ini gw mampir ke blog lu ngapain?
Karena lo emang mirip kak Seto.. yang 'pandai bercerita.. asyik sekali' *dg nada lagu "ibu guru kami"*
:P    



5:48 PM

DODY makasih, biar aja dibilang kayak anak kecil, tandanya awet muda. Halah.

NURUL huahua... kamu orang kesejuta tiga ratus ribu delapan belas yang bilang gitu:D.

ULI beneran? *bergidik ketakutan*

PENG maksud lo? *melototin PENGKI*

Q ckckck... Nggak nyadar umur lo bo:P. Lo bukan bocah lagi, sadar yaaa...    



9:04 PM

wuakakakak....

segitu phobianya dirimu kepada anak kecil bang???

anak kecil tuh lucu lagi... lo perhatiin deh kalo' anak-anak kecil pada ngumpul, dengerin aja gak ush dideketin, pasti lo bakal puas ketawa ketiwi... minimal senyum-senyum simpul gitu lah yaa...

gw aja pengen balik jadi anak kecil terus. hidup anak kecil!!! :-D    



9:44 PM

Wah, sekarang elu dah cinta ama anak kecil nih .... hmmm mama nya Melly pasti makin getol neh jodohin elu ama Melly nya ... huehehehe. Gimana donk bapak Rio ?    



4:50 AM

gue setuju,, kids are aliens sent to destroy the earth. Bleh. And bikin repoootttt!!!    



10:52 AM

Hehehe... Belum pernah kan setiap kali gendong bayi selalu dipipisin... atau tiba2 tercium bebauan yang sangat dikenali sambil si bayi memandang saya dengan tatapan polos campur tegang karena menahan sesuatu... itulah saya dulu kalau lagi nggendong bayi, sekarang bebas karena sudah pakai pampers semua...horeee :D But I love kids :)

Rio: sudah baca "Man and Boy" dari Tony Parsons... bagus lho..
doel    



11:00 AM

Gue sama banget sama elo deh ...
Asli nggak demen sama anak kecil ..

Tapi begitu adek2 gue beranak dan akhirnya gue punya keponakan 2 orang .. 1 laki2 dan 1 perempuan yang buandelnya ampuuun deh bikin gue langsung mendadak lebih tua 10 tahun hanya dengan menghabiskan weekend bersama mereka ..

Tapiiii herannya gue suabaaaarr banget ngadepin mereka ... Biar kata gue dikerjain abis2an sama kebandelan mereka kok gue he'eh aja yaaa dan tetep tersenyum manis sambil meratapi diri karena mendadak uban tumbuh satu lagi hiks ......

Yang jelas gue sayang banget sama mereka ...

Maap .. baru skali komen langsung panjang banget ...

Salam kenal Ya Rio ..    



11:58 AM

VIRZHA ya, segitu gedeknya gue sama anak kecil, Vir;). Tapi again, itu semua dulu. Sekarang sih teteup hehe... Enggak ding, seperti gue bilang, gue udah mayan jinak kok.

IQBAL DIAM KAMU! *melotot*

MIRA wakaka....    



12:08 PM

DOEL dan AKYU jawabannya udah semua dan idem ditto;). Udah baca Man and Boy. Sama keponakan, aku udah pernah dipipisin, diteongin, nyebokin mereka, mandiin, ngedongengin, minumin susu, nyuapin makan sambil kejar-kejaran di McDogol, main-main dari man bola sampe smackdown (aku lagi ditidur dan mereka lompat dari atas kursi. SAKIT, sumpah!), nemenin bergadang, bawa ke dokter, tidur bareng, dll.

Selama lima tahun Kakak dan Suaminya masih ikut Nyokap, aka Pondok Mertua Indah, 2 keponakanku yang paling gede bertanggung jawab menjinakkan aku;).    



12:17 PM

hehehe, sama duoooong...

klo boleh milih dunia sendiri, gw pengen isinya gak ada anak kecil en orang tua.

anak kecil gak pernah suka ama gw juga. Gw lebih sering jadi nenek sihirnya, alias tokoh yg ditakutin. mreka suka bilang gw hobi nya ngerebus bayi!!!

pdhl, as long as mreka lom bisa ngomong gw masih doyan.
so far gw baru punya 1 ponakan, en br 11 bulan. en gw cinta ajah ama dia. gak tau klo dia mulai jerit2 gak jelas. gw pites juga kalee    



8:43 PM

Dohh segitunya sama anak kecil sih Om Rio...pdhl mereka kan lucuuuu and tingkah lakunya gemesin lagii tuh Yok. Yaa pastilah kalo lagi nangis bin bandelnya keluar suka sebel juga sihh..Hari-hari ini gw udah kangenn lagi sama 2 ponakan gw yg baru balik mudik lebaran tuh. Horee-nyaa skrg yg kecil udah gak nangis lagi yaa liat gw..haha (emang gw setan apaa?..) and you know wot Yok? biar baru 2.5thn, kmaren mah dia udah fasehh bgt joget..Bang SMS Siapa Bang....*ikke Durjanah mode on* :))    



12:56 PM

Uda Rio, di tubuhmu... mengandung umpan... (umpan... umpan...)    



9:42 PM

kok pusing ya bacanya????    



5:43 AM

Ka Rio... kapan2 mampir ke skul yayi yuuuk... Ada segudang anak2 di sana.. Lutju2 dan manis pula... Mereka sering menarik2 rok yayi untuk nanyain soal math yg ngejelimet itu. Hahaha... Saking sibuknya ngurusin mereka, daku sampe tak ada waktu buat onlen di skul...huhuhu... *hiduup ka Seto...hah, apa hubungannya?*    



6:22 PM

hahahahaha... gw ngerti perasaan lo Yo karena gw dulu juga spt itu. Anti banget deh ma anak kecil tapi ngga sampe separah elo sih. Kalo elo mah udah tingkat gawat darurat tuh kadarnya :P Lagian ngga ada anak kecil yg mau dekat² gw karena gw bawaannya dah jutek.

btw, anak yg di airport itu lo apain..?? jangan2 di pesawat dia malah milih duduk disebelah lo hihihihi    



11:39 AM

LILA wakaka... mari bergabung dalam Asosiasi Anak Kecil Ke Laut Aja haha... Ketuanya adalah teman gue yang, bahkan, udah punya keponakan juga NGGAK berubah sama sekali. Teteup nganggap ponakannya ganggu. Hebat kan;). Kita mah masih lumayan dibanding dia hehe...

APEY tolooong... kenapa juga dia mesti joget pake lagu laknat itu:P? Anak kecil sekarang emang kesian banget sih, mestinya Chicha sama Adi dikloning dulu yaaa...

BABY errr... ini lagu dangdut ya:P?

ANO di-Bodrex aja.    



12:25 PM

YAYI kenapa nggak tusuk aja sekalian daripada nyiksa gue pelan-pelan kayak gitu:P?

ERFI haha... ternyata... Nggak, Alhamdulillah, itu anak duduk jauuuuuuuuh dari gue.    



8:10 PM

gapapa ko..anak kecil emang terkadang anoying..
tapi paling enak kalo ngibulin anak kecil..percaya dah.    



8:51 PM

Sabar yah, oom... :)
(Bentar ketawa ngakak dulu - ngebayangin "Mikrolet scene-nya" ---->HUAhuahaahau!)

Namanya anak kecil ya begitulah..kadang rewel, nangis dan lain sebagainya --> menguji kesabaran dan temparamen. :)

Gak papa - lebih baik hijrah ke mikrolet lainya aja - ketimbang "urusan sakit kepala" ndengerin si mamak-nya nyanyi lagu seriosa itu - bisa2 satu mikrolet bakal turun semua kalau dia gak berenti "bunyi". gak papa ngalah demi kesejahteraan kuping penumpang lainya.

Seneng udh bisa mampir, nyimak updatenya... salam kangen dari Afrika Barat...:)

PS:    



5:46 AM

wew sadis bner anak kecil disamain kya kecoa heuheu..
ah bwt saya mah bayi wkt br lahir pasti lucu bgt:p    



3:32 PM

Setuju! tapi kalo mengamati contoh kasus bang Rio ini, kayaknya aura ke-ibuan-nya sudah terpancar dari dulu...hmmmmm menarik sekali...    



12:37 PM

wakakakakkaka ...

baca blog Rio ini seperti bercermin ... ampe hari ini, meskipun punya keponakan udah buanyak tetep aja malesssssssss kalo deketdeket anak kecil. apalagi anak orang lain ... batasan gw cuma bisa baik ama anak kecil yg orang tuanya ada benefitnya ... wakakakakak ...

herannya, gw tuh idola anak-anak kecil di sekitar tempat tinggal gw ... selalu ada tiap harinya segerombolan anak kecil yang ribut teriakteriak manggil nama gw, tiap kali mereka lewat depan rumah or pas gw lewat rumah mereka ... sighs ...

lucunya anak kecil tuh pas mereka tidur aja ...

salam kenal ya Rio ... gw teman diujung waktu si Agusye ...    



9:33 AM

mas rio, salam kenal ya.. hihihi sama ky mas rio, gw jg dlu ga suka ama anak kecil (tp ga sampe deh mo nyari samurai segala). apalagi kl lg naek kereta trus ada anak kecil bediri di tempat orang duduk dgn masih memakai sepatunya yg belepotan tanah.. tp sejak punya ponakan jadi berbalik tuh.. apalagi ud punya anak sendiri...    



4:14 PM

huahahaha.. deskripsi Rio ttg anak kecil cocok banget ma gw! tapi nanti klo gw dah punya bayi, apa jadinya ya?    



10:26 PM

Salam kenal. Menurut gue elo bukannya gak sayang sama anak-anak, cuma BELOM aja. Saatnya akan tiba. Percaya deh. Maybe not today, maybe not tomorrow, but one day you'll be dazzled by their innocence and honesty. Kalo kutukan gue ini terbukti, dipersilakan berkunjung balik dan triak-triak di blog gw sampe kuping gw budek. Oke, bro? ;p    



»

Post a Comment