Wednesday, July 11, 2007

NBA (Novel By Accident)

Nggak ada angin, nggak ada hujan, Ve ngomong ke gue: “Lo mau nggak nulis novel adaptasi filmnya MVP?”

“Hah?” gue bengong.

“Iya, penulis skenarionya sibuk, jadi kita lagi cari penulis lain buat ngerjain novelnya. Filmnya yang main Dimas Seto sama Julie Estelle, kisah cinta melodrama gitu deh. Judulnya, Selamanya.”

“OK deh. Gue coba.”

Alasan gue simpel. Gue suka tantangannya dan gue punya waktu ngerjainnya, jadi kenapa nggak?

Kemudian Ve ngenalin gue ke editornya GagasMedia, calon penerbitnya, namanya Windy. Dia minta gue buat nulis satu bab dari skenario film itu karena gue penulis baru yang dia belum kenal tulisannya. Tiga hari gue kelarin dan gue kirim dan gue tinggal bisa nunggu kabar.

Seminggu kemudian Windy ngubungin gue dan ngasih tahu bahwa Gagas OK sama tulisan gue dan minta gue nulis sampe selesai dengan tenggat dua minggu. Oke deh, dua minggu, sementara gue lagi ngerjain copywriting buat satu klien gue, mesti pake wawancara orang segala minggu itu. Gue takut banget nggak bisa nyelesaiin novel itu.

Gue baru mulai megang novel itu akhir minggu di awal bulan Juni. Tapi itu juga nggak sepenuhnya konsen karena kerjaan gue yang pertama masih belum selesai sepenuhnya. Gue baru ngebut dan khusus ngerjain novel itu sejak pertengahan minggu sementara hari Seninnya, 11 Juni, novelnya harus selesai kalo mau menuhin jadwal terbit tanggal 10 Juli. (Sementara kata Ve, gala premiere filmnya sendiri sih tanggal 17 Juli, dan premiere-nya dua hari kemudian.)

Setelah begadang semingguan itu, akhirnya gue bisa ngelarin novel laknat itu. Duh, sumpah, gue nggak yakin sama hasilnya. Pertama, menulis kisah drama percintaan gue rasa emang bukan sesuatu yang gue banget. Lah, kalo lo baca blog gue, lo pasti nggak bakal nemuin satu tulisan percintaan menye-menye pun yang pernah gue bikin. Tapi Alhamdulillah, Windy nggak ada ngedit yang esensial dalam tulisan gue.

Tulisan itu naik cetak semingguan kemudian.

Senin malam dua hari yang lalu hape gue bernyanyi.

“Boooo...” suara Yungni. “Gue lagi di Gramedia Matraman nih, dan gue ngelihat buku lo mulai dipajang.”

“Sumpeh lo! Gue aja belom pernah lihat barang jadinya kayak apa hehe....”

“Gue beli nanti gue minta tanda tangan lo yaaaa....”

“Haha.... sip!”

Dan kemarin, dengan perasaan aneh yang gue nggak tahu apa namanya, gue melihat buku itu dengan mata kepala sendiri di Gramedia, lengkap dengan nama gue tertera di sana. Banyak orang yang bilang kalo bikin buku itu kayak punya anak. Ngandungnya sengsara, tetapi pas ngelahirin senang banget. Tapi kebanyakan orang nulis kan karena udah resmi ‘nikah’ dulu, makanya niat bikin anak.

Lah, gue? Gue kan nulis karena ‘kecelakaan’, asli nggak niat. Tapi pas udah lihat hasilnya sih, gue ngerasa terlepas tuh anak jelek ato bagus, yah itu anak gue sendiri. Mau dicaci mau dihina, dia lahir karena usaha gue juga.

Jadi, disayang aja kali ya.

34 comments:

  1. horeeeee pertamaa.. akhirrnyaaaaaaaa..SELAMAAATTT !!!!!! *berasa air ketuban org hamil yg pecah kaleee* :))

    Riooo....jadi ini salah satu alasan blog loe selama ini MATI SURI ?? padahal barusan kapan kita ketemu ngobrolin temen blog lain yg bikin buku. Dan Sekarang elo !!! I'm proud to one of your friend. Selaamattt semoga novel loe best seller ya :)

    ReplyDelete
  2. APEY tengkyu. Enggak lah, ini blog mati suri karena yang punya blog emang pemalas, gak ada alasan lain:).

    ReplyDelete
  3. Anonymous11:36 AM

    SELAMAT!! SALUUT!!
    Seeep dah, gw punya temen yang udah nerbitin novel! :D
    Meskipun kayaknya novel itu nggak 'loe banget'.
    Rio nulis novel percintaan?? errrr.. agak diluar imajinasi gw :p
    Tapi paling nggak kan bisa jadi langkah awal bukan? :D

    ReplyDelete
  4. Anonymous11:38 AM

    horeeee.... seperti temen2 lainnya, aku ikutan senang dan mengucapkan selamat buat Rio. Hebat! saluttt!!!! Semoga gak mati suri lgi nulisnya hehhehe.....

    ReplyDelete
  5. Anonymous11:39 AM

    Whuaaaaa... Salut banget deh sama rio... hehe.... selamat ya rio... keren deh.. bangga deh gw punya temen kaya loe... lain kali nulis novel tentang anak kecil ya rio... hihihi... biar kaya anak kecil yang di mikrolet itu.... * terbayang - bayang gimana sulitnya *

    ReplyDelete
  6. Wahh, hebat hebat elu Rio. Salut gw . Semoga bakat nulis elu di terusin yahhh .. Tak tunggu deh novel elu selanjutnya di toko buku. Sekali lagi SELAMAT yaaa :D

    ReplyDelete
  7. Aduuuhh... terharu nih...

    Q gue juga nggak nyangka punya imajinasi cinta2an kok... sampe nyoba hehe...

    RINTO makasih banget, tapi nggak janji:D. Pemalasnya udah sampe tulang sumsum soalnya hehe...

    MADE itu tantangan lain lagi, nulis tentang anak2 haha... Tengs ya. Bisa nggak ya? Yah belom ada yang minta jadi ntar aja kali ya.

    IQBAL tengkyu, tengkyu... Kita lihat aja lagi bakalan ada yang nyusul ato nggak hehe...

    ReplyDelete
  8. Anonymous9:28 AM

    gak usah ngaku2 gak punya imaji cinta2an.. gak make sense untuk seorang yg kesandung aja ada theme song-nya.. justru novel ini pelepasan apa yg selama ini kamu pendam.. kekekeke..

    sijavae

    ReplyDelete
  9. SIJAVAE wakaka... anjrot, sok tahu banget seeehhh.... *kejeblos dalem*

    ReplyDelete
  10. waaaaaaaaaaahhhhh.... palembang udah ada belom yah ???? kudu nari nehhh... tp gw mo yg ada tanda tangan elunya yo... gimana yah ????

    ReplyDelete
  11. hai, selamat ya Rio, akhirnya nulis buku juga. Pengen bava nih, kirimn satu dong kemari, lengkap pake tanda tangan ya...
    sukses terus deh!

    ReplyDelete
  12. Anonymous5:22 PM

    Rio!!! Congrats ya!!!! Eh...dah lama gak ketemu n gosip2an. Terakhir cuma papasan aja di depannya Fish & Co EX. Kapan gosip lagi??? Yukkk...

    ReplyDelete
  13. seorang penulis dengan sebuah awal yang ditandai dengan karya berjudul SELAMANYA, semoga kelak akan memang bertahan SELAMANYA di dunia sastra Indonesia.

    semoga blog ini takkan mati SELAMANYA.

    dan semoga dirimu akan dikenang SELAMANYA.

    hihihihihi. mampus ga sih bo :p

    ReplyDelete
  14. onde mande tuesday...uda ko suit suit...masuk jajaran penulis sekarang, ngga niat aja oke gimana niat. ayo bang , berkarya terus...gue beli deh buku2xnya...sesama urang awak gitu...*SARA bener ya....*

    ReplyDelete
  15. Anonymous6:14 AM

    inov says:
    dan semoga dirimu akan dikenang SELAMANYA

    dodY says:
    pingsan dulu ahh.... *siapin bantal trus rebahan* :-D

    hehehehe! selamat ya, bang! semoga ini awal yg bagus sebagai karir alternatif :-D btw... semalam makan brp piring? lingkar perut dah nambah berapa? fufufu :-D

    ReplyDelete
  16. Anonymous7:47 AM

    ah teman... sungguh bangga aku padamu... boleh gak dari sekarang gw minta supaya elo yg nulis biografi gw?

    *hikhikhikhik..*

    eh, selamat ya!!!!

    ReplyDelete
  17. Anonymous3:11 PM

    Wahhh selamat Uda Rioo...Jadi ikut bangga juga atas bukunya :D Meski cm sering baca blognya tp jd merasa kenal ma orangnya.. Padang bngt getu looowhhh.. Jadi berasa akrab..Hahaha..SKSD yakk..Bodo'

    "Vay-JKT"

    ReplyDelete
  18. Anonymous2:32 PM

    sejak kapan sih nama elo jadi double barreled begitu? ;P
    -xti-

    ReplyDelete
  19. Anonymous9:49 PM

    Selamet ya yo...hasil akhirnya khan membuktikan bahwa elo tuh penulis multi talented khan bow..apa aja bisa elo kerjaain dan elo buktikan dari infrastruktur, sampai security and percintaan...gue saksi hidup yang menyaksikan perjalanan ini...cuma bisa selalu memberikan doa. support dan decak kagum ck ck ck hebat emang om rio..he he he....T'nte Dien

    ReplyDelete
  20. Anonymous11:43 PM

    selamat ya ri...
    gak nyangka ada juga jebolan sma kita yang kayak elo....
    wuahhh.... selamat sekali lagi ya....

    ReplyDelete
  21. Hebat Rio, hanya dalam hitungan minggu udah bisa menyandang sebutan 'author' *cieeee* hehehehe...

    Ughh... 'anak' gw kapan brojolnya ya??? (kayaknya bakalan masih lama ni..huahauha). Doain gw ya!!

    *di suatu pagi dini hari sedang memikirkan paragraf yang belum selesai...*

    ReplyDelete
  22. Anonymous3:27 PM

    Yo...minta tanda tanganlu yah...werrrrrrr ternyata temen gw yang sering patah hati bisa juga bikin cerita melankolis ......

    ReplyDelete
  23. terkadang melakukan hal2 yg bukan 'gue banget' bisa menghasilkan sesuatu yg luar biasa.
    salah satu buktinya ya kamu ini.
    he.he.he.he.he.he.... selamat atas lahirnya 'anak'mu Rio.

    ReplyDelete
  24. baruuuu aja slesai baca...

    Bab yg paling *menitikan air mata* -> Bab 14 - Menggantungkan Harapan

    Baguuuuussss... :)

    gw nilai 8.

    HAHAHA, *anak pertama* yg sukses bikin org yg baca terharu...

    Ditunggu anak2 selanjutnya... :)

    ~People say true love lasts forever~

    ReplyDelete
  25. GOIQ gimana Palembang, udah nemu belom:D?

    MIRAY tengkyu... makanya ke sini ambil bukunya;).

    MIKO iya. Atur aja. Btw, lo bukannya sekarang di Surabaya?

    NAUVAL lo gendeng SELAMANYA:P.

    KIKY huahua... MINANG JAYA bener yaaa... Makasih hehe... hayoo beli buku ini sama aja ngasih makan gue haha...

    DODSKY yaaahhh... seperti dibilangin, aku makan mah kayak nggaramin air laut, udah gendut jadi gak ngefek kalo nambah gendut:P.

    LENJE sookk...:D Gue emang penulis pesanan haha...

    ReplyDelete
  26. VAY wah MINANG JAYA lagi neh... tarimo kasih yooo...

    XTI udah deh, jangan berisik:P. Eh kapan brojol? Gak bosen bawa genderang mulu?

    DINI tengkyu yaaa... muah!

    AYA maksud lo:P? Masa semua lulusan SMA kita nulis bukunya kayak Fadli:D?

    IRMA haha... gudlak yaaa... mudah2an cepet brojol tuh 'anak'.

    RKH huh! NYela2 tapi pas tahu nama lo gue sebut langsung carmuk:P. Dasar banci tampil lo:P!

    CUN iya sih, kadang kita kudu 'dipaksa' baru mau dan ternyata bisa hehe...

    PICHAN wah spicles nih... tengkyu yaaa... Tapi anak berikut kayaknya bukan cerita yang melankolik deh hehe... mudah2an masih suka.

    ReplyDelete
  27. Anonymous9:58 AM

    wah...SELAMAAATTT...dan SELAMAT HARI JUM AT YG CERAH..hahaha

    kalau aku dah balik ke bdg..aku mau cari ah novel itu.

    seali lagi selamat YO

    ReplyDelete
  28. Selamat ya Mas. kok blognya ga diapdet lagi?

    ReplyDelete
  29. Anonymous6:20 PM

    hebat! aku menunggu buku selanjutnya yang bukan pesanan. mau tahu apa cinta2an lagi? ;p

    ReplyDelete
  30. Anonymous2:02 PM

    wah, ternyata mas tho yang nulis tuh buku :)

    kecelakaan yang menyenangkan

    ReplyDelete
  31. Anonymous4:22 PM

    Horeeeeeeeeee....! Chicklit uber alles :)

    Udah mulain hujan uang from royalty doonk..?

    Eh, btw, ada temen gua yang minta kehidupannya dijadiin novel, namanya: Dimas Alit, bisa donk lo tulisin? *towewew!*

    ReplyDelete
  32. blom sempet nyari ke toko buku seh, or nyari pinjeman, hehehe... tp dr komen orang-orang, sepertinya bakal meneteskan aer mata neh membaca buku ini...

    apdet atuh :)

    ReplyDelete
  33. selamat ya *sok kenal* (mampir dari blognya Miund)

    ReplyDelete
  34. Dude, congratulations! that explains why all the silence..

    ReplyDelete