Monday, October 31, 2005

Mudik juga

Delapan jam lagi dan gue akan meluncur ke kampong halaman orang tua gue yang sekarang, mau nggak mau, sejak orang tua gue mutusin jadi petani di kampung halamannya, mudik setiap Lebaran jadi acara wajib yang dulu, waktu mereka masih kerja di Jakarta, belom tentu dilakonin tiap tahun. Dan tahun ini, biar udah coba dirayu, Bokap nggak bisa ninggalin rumahnya dengan alasan gudang coklatnya lagi penuh. Nyokap yah seperti biasa tinggal manut bokap. Sementara gue yang dari awal puasa pengen balik naik pesawat terpaksa ngebatalin niat secara kakak ipar gue tercinta memutuskan buat balik naik mobil. Satu-satunya harapan adalah bila gue dan kakak gue sukses ngerayu bokap dan nyokap buat Lebaran di Jakarta aja. Setelah itu gagal, harapan tinggal kakak ipar gue ngebatalin rencana pergi dan gue bisa langsung cari tiket pesawat untuk pergi sendiri.

Tapi, hari Kamis minggu lalu, jam setengah tujuh pagi, hape gue bunyi dan ketika gue angkat terdengar suara kakak gue yang bilang, “Kita jadi berangkat hari Senin malam ya.”

“Hah?” gue masih ngelindur. “Oh, oke.”

Dan malam ini gue kembali bakal menempuh perjalanan ke Bonjol buat nemuin orang tua gue. Kali ini, adek gue Uly dan isterinya Dias, yang baru dapet momongan baru, nggak ikut. Sementara si Bontot Iky dan isterinya Ratna, juga nggak ikut karena mereka emang biasanya jaga gawang. Jadi yang berangkat adalah keluarga kakak gue: kakak ipar gue, Bang Eri, kakak gue, Rini dan empat bocah laki-laki, anak-anaknya yang lasak bin nggak bisa diam itu, Fauzan (11), Iqbal (9,5), Faiqal (3), dan Aydin (1,5), dan gue.

40 jam penuh tangisan, rengekan, bebauan tujuh rupa, tapi juga tawa, canda, peluk, cium.

Minal aidin wal faidzin, taqaballahu mina wa minkum.

17 comments:

  1. Anonymous12:43 PM

    Selamat Berjuang YO!! Jangan patah semangat!! Ingatlah kegigihan Tuanku Imam Bonjol *kakek moyangmu ya?*... Nyetir 40 jam bukan apa-apa dibandingkan berjuang dalam Perang Padri... Merdeka!!

    :D

    Maap lahir batin ya Yo..

    ReplyDelete
  2. Anonymous1:14 PM

    awas jangan apdet pake postingan lebaran lalu ya...

    btw, di ralat tuh tulisan paling bawahnya

    met lebaran ya...

    ReplyDelete
  3. waktu berlalu cepet ya...rasanya belum lama aku baca postinganmu ttg mudik, ternyata itu udah setahun yang lalu.

    Ied Mubarrak. Maaf lahir batin ya..

    ReplyDelete
  4. Maaf lahir batin yaaaa baaanggg.....

    Kirim2 yaa ketupatnya ;)

    ReplyDelete
  5. Anonymous8:04 AM

    taqobbal yaa kariim..maaf lahir bathin yaa...;) btw, itu acara mudik ma foto apa hubungannya ya? cerita donk..*duduk manis siep dengerin* :D

    ReplyDelete
  6. Minal aidin wal faidzin RIOOO.... mohon maaf lahir dan batin. Tak lupa semoga fun acara mudiknya! Hati-hati di jalan.

    ReplyDelete
  7. kalo capek nyetir boleh mampir dulu di palembang yo... hehehehe

    ReplyDelete
  8. Anonymous7:44 AM

    MInal Aidin wal Faidzin Rio!!! Selamat menikmati mudik.. dan perjalanan baliknya yah!

    ReplyDelete
  9. Selamat Lebaran yah Rio...
    Gue maafin deh kamu lahir dan batin... Hue he he...
    Semoga acara mudiknya sukses dan berkesan.

    ReplyDelete
  10. Anonymous7:13 AM

    met lebaran d bonjol rio! d tunggu poto2nya.... maap lahir batin yah *nelfa*

    ReplyDelete
  11. Anonymous9:17 AM

    bang yoyok, gile aja tuh foto dipajang gede-gede gitu!! merinding tauk!! tapi met lebaran ya bang!! :) salam buat emak dan bapak!! :P

    ReplyDelete
  12. TENGKYUUU SEMUAAA...

    MET LEBARAN JUGA YAAAA...

    ReplyDelete
  13. Anonymous12:40 PM

    itu gambar Tuanku Imam Bonjol ceritanya serves as apa ya...? :P

    ReplyDelete
  14. wakakakak... sekedar cari gampang bilang gue mau mudik ke bonjol bo:D. udah niat ganti tapi malesss trus:D.

    ReplyDelete
  15. met lebaran....

    maafinlahir batin....

    kenyang ma gusye....

    huaaa.... rio sang bocah metropolis... ngga berasa padangnya sama skali kabuur*

    ReplyDelete
  16. Anonymous11:01 PM

    That's a great story. Waiting for more. » » »

    ReplyDelete
  17. Anonymous11:27 AM

    ngarang banget deh!!!
    bisanya cuma ngarang!!!

    ReplyDelete