Friday, August 12, 2005

Si Sisir Merah


Kemaren siang gue ngupi bareng Ve, Pram, dan Bowo di Starbucks Skyline Building. Ve cerita bahwa dia baru menulis sebuah artikel tentang kecacatan perilaku orang-orang yang pengen ngupi di warung kopi kapitalis yang menjamur di mana-mana kayak Bintang Dolar favorit gue, Ve, dan Bowo, atau warung kopi Biji Kopi dan Daun Teh yang cheesecake Chicago yang beraroma lemonnya selalu bikin gue ngeces dua ember setiap mampir. Dan Ve, dari hasil obrolannya dengan seorang mantan barista, berhasil ngumpulin cerita-cerita itu dan dia tulis buat Reader's Digest (Tatut, bayar gue nih, udah ngiklanin majalah lo, hehe...).

Asyik emang ngamatin kelakuan orang-orang ketika berhadapan dengan suatu bentuk budaya pop baru karena nggak semuanya bisa dengan cepat beradaptasi. Cerita cacat dari orang-orang yang gegar budaya, termasuk yang gue alami sendiri—maaf, bukan untuk untuk konsumsi publik ya *selebriti mode on*, tentu amat sangat banyaknya, seiring dengan semakin banyaknya terpaan budaya pop itu.

Gampang-gampang susah emang mau beradaptasi itu. Sapa yang ngasih tahu caranya mesen kopi di Starbucks kalo lo baru pertama kali ke sana, misalnya. Mau nggak mau kalo salah-salah dikit biasa lah. Abis, mana ada sih juklak alias petunjuk pelaksana caranya beradaptasi dengan budaya pop? Lah, udah dikasih tahu juga orang Indonesia kan sering ngeyel. Coba deh lihat sekitar kalo nonton film di bioskop. Betapa jengkelnya gue ketika ada orang yang keukeuh ngobrol di telepon waktu Christian Bale lagi digebukin di Batman Begins. Mas, mas, minta digebukin juga ya? Rese banget sih, padahal iklan dilarang maen hape itu kan udah banyak banget ragamnya dan jelas banget maknanya. Adakah efeknya? Sekali dalam bulan biru kali yaaaa... (baca: once in a blue moon)

Demikian juga dengan ngupi di cafe. Ada banyak cerita di sana. Bowo pernah cerita waktu dia lagi ngupi di Biji Kopi dan Daun Teh Plaza Senayan ketika seorang pesohor—yang berprofesi ganda sebagai artis sinetron dan pengacara kondang dengan rambut dicat dan kuncir andalan dan punya marga yang bisa jadi tebak-tebakan garing: “pisau nggak tajam namanya apa hayoo?”—datang ke dalam cafe dan langsung duduk di kursi yang kosong. Tanpa ba-bi-bu dia manggil baristanya dan minta... DAFTAR MENU!

Dengan sabar baristanya nyamperin si Abang ini dan bilang kalo dia harus ngantri di kasir buat memesan. Untung si Abang ini orangnya asyik, dia langsung mengeluarkan selembar seratusribuan dari tas Versace-nya dan bangun dari tempat duduknya. Makanya Abang, ini bukan kelas Abang, lain kali janjian di Hotel Mulia aja, dekat juga kan?

Nah, ada satu kejadian yang gue alami di satu Senen yang cerah waktu gue bolos kantor dengan alasan ada urusan keluarga, padahal gue punya kerjaan sampingan yang mesti gue kelarin secepatnya. Secara kamar kos gue nggak punya kursi dan meja, dan setiap gue kerja di tempat tidur, gue selalu memanfaatkannya sesuai fungsi dasarnya: untuk tidur, gue pun memutuskan untuk kerja di cafe-nya QB, Plangi.

Siang itu lumayan banyak orang makan dan minum dan ngobrol di cafe-nya QB. Setelah sekitar satu jam ketak-ketik di notbuk andalan gue itu, gue mulai bosan dan pengen cari hiburan. Untungnya, nggak lama hiburan itu dimulai.

Gue masih asyik kerja waktu seorang perempuan muda dan cantik mengenakan kaos putih ketat dan pendek yang memamerkan sebagian perbatasan punggung bawah dan pantatnya yang dibalut dengan jins yang memamerkan lekuk-lekuk tubuhnya yang aduhai (dikutip dari Nick Carter, Cinta Segitiga Seorang Spion, hal. 47; errr..mau pinjem, Way? *kedip-kedip*) masuk ke dalam cafe dan duduk persis di meja di depan gue. Cewek bohay ini datang dengan seorang perempuan setengah baya dan dua orang pria muda. Mereka bereempat kelihatannya punya hubungan kekerabatan deh.

Setelah duduk dan memesan ini-itu, tiba-tiba cewek cantik itu memasukkan tangannya ke dalam tas dan ngeluarin...

JRENG... JRENG....

Sisir plastik bergerigi panjang berwarna merah dengan ujung seperti pisau pembuka kertas!

Di dalam sebuah cafe. Di sebuah mal. Di sudut Jembatan Semanggi. Seorang cewek cantik dengan pede menyisir rambutnya yang bak mayang terurai dengan menggunakan sisir plastik merahnya itu.

Gue cuma bisa nganga keheranan menatap pemandangan yang tak biasa dan bertanya-tanya dari mana asal cewek itu karena, yang pasti, dia bukan anak Jakarta!

Gue keinget satu episode di film seri Sex and the City ketika Jack Berger, pacar Carrie Bradshaw, menulis dalam bukunya tentang seorang perempuan Manhattan yang mengenakan ikat rambut (yang menurut nengsarah namanya scrunchie) di sebuah bar. Carrie mendebat hal itu karena menurutnya nggak mungkin ada perempuan asli Manhattan yang mau make ikat rambut seperti itu di tempat umum. Sampe satu saat di sebuah bar Manhattan, Jack Berger melihat seorang perempuan mengenakan ikat rambut. Semangat, dia pun bertanya dari mana asalnya. Perempuan itu tertawa ketika Jack menuduh kalo dia berasal dari New York. She’s no New Yorker, she said laughing, she comes from Georgia (tengkyu lagi buat nengsarah yang udah ngebenerin).

Jadi, buat semua yang protes sama kejakartaan gue, maaf-maaf aja nih. Gue emang anak Jakarta deh! Dan seumur hidup gue nggak pernah ngelihat ada cewek Jakarta apalagi dengan atribut segaul itu yang nekad nyisir rambut pake sisir plastik murahan yang biasa dipake buat nyasak di depan umum. Dalam sebuah CAFE lagi! Gila bener. Mbak, mbak, ke toilet dulu deh kalo emang mau ngeberesin dandanan!

Dan belum selesai kekagetan gue sama kelakuannya, selesai nyisir tiba-tiba cewek itu bangkit dan masuk ke dalam toko buku dan nggak lama kemudian dia kembali ke mejanya membawa...

JRENG... JRENG....

Dua buah buku baru!

Err... mbak, mbak, ini toko buku kale, bukan PERPUSTAKAAN! Kalau mau baca di cafe, beli dulu kek! Kalo nggak, baca di luar aja, gimana? Gue cuman bisa geleng-geleng ketika cewek itu asyik ngebalik-balik isi buku entah apa judulnya itu sambil nyeruput es teh beraroma lemon. Lah, kalo basah bukunya gimana? Kalo robek gimana? Masih mau beli apa?

Pengen deh nanya, “Mbak, maaf, dari Desa Sukatani ya?”

60 comments:

  1. hhmm...sebuah analisa mendalam dari bloger yg sdh sekian lama dinanti2kan postingan terbaru oleh para penggemarnya :)
    btw gw setuju kasus HP kayak cerita lo Yo'. secara gw udh berkali2 dibuat geram sama orang2 yg kalo lagi meeting dgn cueknya membiarkan HP menyalak2. Ada manager di tmpt gw yg tiap meeting selalu bikin gaduh kalo HPnya bunyi krn tone PDA dia tuh kenceng bgt! sampe manager lain ikut gemes and said "lo bawa compo ke ruang meeting?"....malu gak sih tuh?
    ternyata buat melt in budaya pop *duh tepat gak ya bahasanya* gak cuman modal cantik /sexy, ganteng, pake perangkat canggih, de el el doang...Level perilakunya juga kudu di adjust dong ahh ! great posting rio :)

    ReplyDelete
  2. hehe... apey, emang gegar budaya itu fenomena yang gak ada abisnya buat dibahas:D. dan kasus yang gue lihat cuman ngebuktiin bahwa, tampang boleh cantik tapi kelakuan sih hihihi.... minus-minus amat sih nggak, tapi kok gak kenal etiket aja. yang jauh lebih parah mah buanyaaakkk:D.

    ReplyDelete
  3. Anonymous2:55 PM

    trus, kerjaan elu beres nga yo? kok malah mratiin cewek? khihihihi...
    tapi, lucu aja cara elu menganalisis cewek itu.. ck! ck! ck!

    mungkin gara-gara sisirnya merah kali yo.. makanya tertangkap mata elu.. atau karna kaos putih ketatnya? hehehehehehehe...

    anyway, nice weekend yah?
    ^_____________^

    ReplyDelete
  4. Komen gak kreatif:ngulang pertanyaan Clodi:pekerjaannya abang apa kabar?;) kok malah ngeliatin cewek...

    Komen agak kreatif:aku sering sih baca sambil minum...yaa tapi di Warung Kacang Kopi (terjemahannya)

    ReplyDelete
  5. Anonymous3:34 PM

    dia kira QB sama aja TAMAN BACAAN di kelurahan dia kali ya bo...

    kali aja dia di desa , abis mandi di kali, nyisir rambut trus santai2 deh di taman bacaan di kelurahan. So ritual itu udah nancep di otak dia dimanapun dia berada...;)

    lo harus tahu juga, banyak bapak2 n nyonya2-rambut-sasak-tinggi-blush-on-biru-dipipi-abis ditampar-kanankiri-ama-chris-john (lebay-nya dari elo ya :P) kalo ngopi di starbuck, gula cairnya dibawa ampe ke meja!
    coba ya, kalo ada customer perlu gula cair. masak harus ambil ke meja dia ????

    kelakuan..kelakuan...

    bowo

    ReplyDelete
  6. Anonymous3:57 PM

    don't judge the book by its cover.. don't judge people by the way they dress or looks..

    pribahasa banget.. :P

    ReplyDelete
  7. CLODI (sekalian YAYA) beres dong:P. gue kerja sampe jam 21.30 malem kok, hehe... tapi abis dari QB pindah ke starbucks:D.

    gue emang kalo suka suka gitu, CLOD, hehe... bawaannya cari bahan celaan aja, hihihi...

    YAYA kalo baca buku yang dibawa sendiri sih nggak papa kali. itu sih aku juga sangat sering:D>

    ReplyDelete
  8. BOWO duh, ketahuan ya sesama dari ndeso, hehe... ngerti bener kebiasaannya:P.

    tapi kemaren ini ada juga yang mau bawa gula cair itu ke meja deh rasanya. sapa ya:P?

    ROM sumpeh lo, baru ambil perlajaran bahasa indo:P?

    ReplyDelete
  9. yo, two thumbs up deh buat pengamatan jij dalam hal nyari cela nya orang hihihihihihihi

    ReplyDelete
  10. Hello Rio, nice writing ...Hmmm... To be able to assimilate with the culture mungkin emang butuh waktu, so just give her the time ;)

    Btw, perasaan gue nggak pernah nemu yang begituan di QB Kemang, serius... :)

    ReplyDelete
  11. Anonymous7:39 PM

    duh...si om sempet2nya meratiin org. aniwei...gw rada bingung! menurut gw [menurut gw loh, uda!]...masih wajar deh! tapi tau yah kalo menurut uda. mungkin gw udah bebal dan cuek banget kali ye! maklumlah anak muda jaamn skrg. hihihihihihihi

    ReplyDelete
  12. Anonymous8:25 PM

    Hihihi...:) Jadi inget aib masa lalu :p
    zevenov

    ReplyDelete
  13. mata loe tuh ye, tajam bagai sembilu (bener gak sih ? qeqeqe.....) untuk urusan cela mencela :P
    Tapi gue salut sama pede-nya dia nyisir di cafe, wakakakakaka................. :))

    ReplyDelete
  14. Sisir itu = obat ganteng :), jadi bawalah sisir selalu..:D, gimana kalau rambutnya persis sikat wese, disisir atau nggak pun gak ngaruh?apakah tetep ganteng? - ANyhow, nice entry indeed! - maythe weekend made you full-refreshed for the week after, while mine, I have to work tomorrow.

    Hugs from the (Far) West!:)

    ReplyDelete
  15. :)
    Om Rio, no comment deh..happy wiken ya aja ya Om Rio.
    *lega deh akhirnya Om bisa nulis lagi. Kirain lagi sibuk ngapain:D*

    ReplyDelete
  16. Anonymous6:48 AM

    eh, jaman sekarang membaca buku di sebuah kafe sudah bagian dari gaya hidup ya saudara rio! *ngegas* emangnya kenapa di QB selalu ada kafe, coba? hm? hm?

    *semburan seorang pembaca-buku-di-kafe-terutama-kafe-QB-dan-bakoel-koffie*

    ReplyDelete
  17. Anonymous10:23 AM

    buset juga tu cewek.. :D pasti beneran bukan dari Jkt.. *sambil mencari kota2 kecil buat bahan ledekan*

    Yo, sabtu kmaren gw ma Ulces samperin di QB, gak ada.. :(

    ReplyDelete
  18. Pinjem dong Cinta Segitiga Seorang Spion-nya. Barter deh sama buku andalan gue..What Happens When A Girl Becomes A Woman: An Illustrated Manual. :D

    ReplyDelete
  19. IRVAN

    wekekek... aduh nggak usah maling teriak maling deh:P.

    SILVI

    haha... tq:D, rugi aja bu nggak nemu hehe... soalnya lumayan buat hiburan hihihi....

    ReplyDelete
  20. NOLDIE

    apa hubungannya sama anak zaman sekarang:P? lo kan angkatannya flashdance:P.

    ZEVENOV hahaha... aib yang mana ya;)? cerita dong:D.

    ReplyDelete
  21. BEN

    aduh jadi nggak enak:D. gue emang kalo suntuk suka merhatiin sesuatu yang luput dari mata orang, hehe... abis gimana ya, nyela is my middle name getoh lho:D.

    ReplyDelete
  22. LUIGI

    aduh akang, plis jangan bilang suka ngantongin sisir di kantong celana terus kalo duduk jadi nyembul yaaa... asli bikin ilfil tuh, hehe...

    ReplyDelete
  23. DWI hugs buat ZUBIA yaaaa...

    PEMBACA BUKU DI KAFE

    sapa yang bilang nggak boleh:P? gue asli kalo udah bawa buku ke kafe bisa jam2an hehe... tapi ini kan dia bawa buku baru dari toko buku yang udah jelas ditulis BUY YOUR FIRST. kalo bawa buku ndiri mah sebodo, hehe...

    ReplyDelete
  24. GOLDA kayaknya yaaa... :D. byw, nggak terima smsku yang bilang nggak bisa dateng sekitar jam 4-an gitu?

    PEACEFUL aduuuhhh... udah diloakin, hihihi... jadi, pinjem aja ya buku lo:D.

    ReplyDelete
  25. Anonymous10:41 AM

    jadi keinget pertama kali di ajak ngupi di biji kopi n daun teh di pinggir kali. pas ditanya nama masing2x utk ditulis di gelas plastiknya itu, semua temen2x gue nyebutt nama yg sama. he3x. tuh barista cuman bengong sambil ngeliat kita. pasti mikir "dasar org indonesia".

    ReplyDelete
  26. hmmmm *spechless*
    nyela is ur middle name ? bener banget huahahahahaha..

    ReplyDelete
  27. eitss...jangan salah...karena sering nongkrong and beli2 kue juga di QB Sarinah, gw selama 3 bulan full ngga pernah diprotes baca bukunya QB hahahahaha... Malah ditawarin buat jadi member tetap!! ;;) Mungkin karena waktu itu QB belum terkenal yaa *garuk2 kepala* atau mungkin emang pelayan2nya yang emang dodol belum ngarti peraturan hahahahaha

    ReplyDelete
  28. Anonymous6:42 PM

    yo..ttg cewek yg baca buku sambil minum..


    kamu nyindir aku ma Mel..

    kita berdua maniak baca..sampe lagi ngapain aja kalo buku itu belom abis dibaca,..ya dibawa..termasuk ke bathroom..hiks..

    emak nya Mel

    emaknya el..

    ReplyDelete
  29. hehehe gue ngerti maksud loe ... gue anak daerah, dan emang bisa keliatan yang mana anak jakarta asli sama anak dari daerah :D
    Soal pengalaman kayak gini ... gue pernah ke restoran Korea, terus gue dengan pedenya makan donk, terus tiba tiba mbak2nya datang bilang ... "Mbak cara makannya salah, harusnya nasinya dimasukin ke mangkok yang ini" *jreng* gue belagak bego gitu dan bilang "Oh gitu yah? :P"

    Omong2 yo, nonton tuh "Vina Bilang Cinta", udah nonton belon ? Gue suka banget ama dialog2nya, lucu tapi smart banget :) Apalagi ada Delonnya, hehehe, gue jadi pengen nontonnya lagi nih besok :D

    ReplyDelete
  30. Kok aku tetep lebih suka ngupi di teras rumah ya. Bareng suami and ngobrol sama anak2... hmm.. nikmat. Udah coba2 ngafe sama temen2, gak betah, tetep enakan di rumah. Gimana sih supaya bisa terpengaruh gaya hidup sekarang? *minta nasehat ama om Rio* ;)

    ReplyDelete
  31. Anonymous11:14 AM

    agusitem
    www.agusitem.blogdrive.com

    rio .. gue pernah tuh pertama kalinya dateng ke starbuck .. diem bingung kayak orang bego ....soalnya nggak pernah tau gimana cara order minum di situ ...

    ReplyDelete
  32. Q err... bukannya di sana emang cukup satu nama yang mesen aja:D?

    ULI ah itu kan dusta:P.

    ReplyDelete
  33. ULLY haha... itu sih nasib mujur:P. tapi selama lo nggak nekad nyisir rambut nggak papa ko:D.

    TANTE aku juga suka kali baca buku di mana2:D. tapi kan bukan buku baru yang dijual di satu toko buku trus dibawa ke kafenya:D.

    ReplyDelete
  34. MONA sebenernya yang salah itu adalah kalo kita malu nanya. gue terasuk yang cuek nanya di tempat baru. jadi besok2 gue ke sana gue nggak kagok lagi;).

    iya nih pengen nonton filmnya buat denger lagunya sih terutama, hehe...

    UNI EKA yah itu mah laen soal:D. aku kalo mau ngobrol ma temen2 ya msti di luar soalnya di rumah nggak bebas kali. trus kopinya? gelasnya? nyucinya? pemandangannya:D?

    ReplyDelete
  35. GUS semua getoh kali. tapi kan bisa nanya:D.

    ReplyDelete
  36. Anonymous5:29 PM

    rio mudah2an ini bukan pengakuan yang ternista, gue pernah mau pesen coffee of the day tapi gue bilang nya coffee every day, kayak nya gue emang gak tau deh tp pernah denger2 aja gitu namanya,tp belum pernah tau tepatnya akhirnya fatal attraction. Untung ada temen gue yang langsung meralatnya. Phew...tenang deh gue kalo udah ngaku, Thank God.

    ReplyDelete
  37. Anonymous5:36 PM

    hahahahaha...
    asli ini lucu, di!
    gue ngakak sambil bayangin tampang elo


    bowo

    ReplyDelete
  38. Ayooo Rio nonton Vina Bilang Cinta cepetan ... soalnya udah hampir ngak maen dimana mana. Gue heran deh, ini filem sebenarnya bagus banget, tapi karena kurang marketing kayaknya jadi nya dikit yang yang nonton. Besok gue pengen nonton lagi di Kelapa Gading nih bareng ama Martin en laen laen :)

    ReplyDelete
  39. hihihi ternyata elo sama gue emang banyak kesamaan. Nyela is my middle name too :)

    Hany tuh yang biasanya jadi pendengar sekaligus korban :))

    gue juga emang suka ngamatin kelakuan orang2 sekitar gue en kemudian bikin analisa dan lagi2 yang jadi pendengar biasanya Abang atau Hany ;)

    mmmmhh..soal Cafe/Restoran/Tempat hang Out baru di Singapore, gue punya cara jitu biar gak dilecehin.
    Kalau gue gak tau apa2 soal menu atau rule gak tertulis di situ, gue nanya..
    Tapi nanyanya bukan dengan gaya nanya oon, tapi dengan sok snobbish menggunakan aksen Queen English yang terbaik ;)
    Dibuat2 siiihhh..lah aslinya kan gue ngomong dengan aksen SUNGLISH (Sunda-English), tapi always works for me in this country bo'..di mana orang2 banyak yang bahasa inggrisnya jauh lebih belepotan dari gue, gue jadi 'noticed' gitu loh :))

    Dan kalau gue udah ngomong pake aksen Queen English dibuat2 gue, semua kesalahan pesen atau kesalahan nanya dimaafkan :)
    Dan gue dapet ekstra senyum lagih :))

    ReplyDelete
  40. Aduh, sumpah, gue ngakak setengah mati baca entry ini. Sampe lupa mau komen apa!

    ReplyDelete
  41. huehehehe..
    baca buku sih gpp.. gw kadang jg perna sih...

    tapi sisirnya itu yg ga tahan bo huehehehehe.. hebat diaaa.. salut..

    ReplyDelete
  42. hehehe no comment surely funny! bahasanya ndak talo :))

    ReplyDelete
  43. MONA hah? si martin mau gitu nonton film roman getoh? hehe... iya nih, nyari waktunya ribet:D.

    DEW duileh, kok jadi short term memory loss alias dorrie syndrome gitu sih:D? (hayooo... nonton finding nemo nggak?

    ReplyDelete
  44. MEL oh aku tahu kita emang berjodoh boooo.... :D gue bisa buduk sehari kalo gak nyela orang, hihihi... makanya ada beberapa orang yang jadi korban tetap, wakakak....

    bo, lo emang top markotop nggak ada matinya yaaa... trik gue sih cuma nanya aja, what's your specialty:D? dan kalo gue bingung cara order, gue pura2 sante masuknya dan lihat sekitar, hihihi... it works:D.

    hidup nyela!

    ReplyDelete
  45. JO iya laaahh asal bawa buku sendiri nggak papa. tapi kalo buku baru kan gawat, di dalem kan bisa duduk juga kok.

    ALIA bu, onde mande tusede wenesde yaaa:D.

    ReplyDelete
  46. kok ibu ibu??????? indak bana aden wa'ang panggil ibu... onde... *inget2 emak gue klo ngambek*

    ReplyDelete
  47. Anonymous4:07 PM

    met weeeekend rio..

    apdet hoiii.. apdet! =P

    ReplyDelete
  48. sebenernya sih, hal sama juga terjadi di desa;). banyak orang kota yang ajaib dan bawa kekotaannya ketika ke desa. hal yang sama bisa dibilang, jangan2 sense of etiquette-nya udah nguap jadi nggak ada sisa di desa, hehe...

    met kenal yaaa...

    ReplyDelete
  49. Anonymous12:46 AM

    hehehe...
    1st of all... ternyata ada cowo yg suka nonton sex 'n the city juga toh??? :D sampe inget one of the episodes... impressive!!!!...

    2nd, even though i haven't been home for a long time, but from your story i can also tell that she's not from jakarta... hahaha... damn!!!

    3rd, i gotta disagree with you... in the cafe, people can do whatever including reading a book... well, i guess 'cuz (perhaps) cafes in indonesia have different function than here...

    ReplyDelete
  50. BU

    1. haha... banyak lagi yang suka;). apalagi movie freak kayak gue gini, asal bagus okeh, gue tonton.

    2. thank you udah setuju, hehe...;)

    3. wah, kayaknya banyak yang salah tangkep ya;), gue adalah salah seorang yang amat sangat suka baca buku di cafe sambil ngupi;). bisa jam-jaman nongkrong kalo udah baca. tapi buku yang gue baca adalah buku punya gue sendiri, bukan buku baru yang diambil dari dalem toko buku terus dibaca di cafe, hehe...

    ReplyDelete
  51. Anonymous10:51 AM

    iya... ngerti... di sini jg gitu soale... like if you're going to bookstore BORDERS or barnes 'n nobles... mrk ada coffee shop nya di dlm bookstore nya... 'n u'll see some people just bring books/magazines f/ the store 'n read 'em there...

    ReplyDelete
  52. Anonymous8:47 PM

    Rio, itu cewek bawa gitar ya...atau sisir sasaknya bisa bunyi? Mungkin sisir multifungsi...bisa untuk sasak, nggitar dan sekaligus susuk penambah percaya diri dan anti basah dan tumpah...mungkin juga anti kutu....:D
    doel

    ReplyDelete
  53. waaahh..kebayang sih sisir plastik itu, hihi

    ReplyDelete
  54. wah sayang aku gak ngopi....:)

    ReplyDelete
  55. ZIE hehe.... gitu deh, emang lahirnya udah belidah silet:D. terang aja lo gak bakal nyisir, wong ketutup juga, hihihi...

    'KA adyuh senangnya, kenapa di sini nggak dibiasain gitu juga ya:D? jangan-jangan itu cewek justru kelamaan tinggal di luar negeri ya, hehe...

    ReplyDelete
  56. DOEL wakakak.. kamu bisa nyela juga, hihihi... ngeri amat kalo anti kutu, ntar nularin satu cafe dooongg... *sambil beli obat kutu peditox*

    IRENE haha... tengkyu, nggak segitunya kok. keep upnya itu yang suka susah:D.

    ATHIA jangan dibayangin, beli aja!

    SAM rugi:P!

    ReplyDelete
  57. That woman is wearing a scrunchie.
    And she is from Georgia.

    ReplyDelete
  58. NENGSARAH aaahhh... kenapa baru komen:D? ntar gue benerin tulisan gue. tengkyu yaaaa....

    ReplyDelete
  59. Anonymous3:35 PM

    sial loe dasar orang kota

    ReplyDelete
  60. Anonymous3:11 AM

    Best regards from NY!
    » » »

    ReplyDelete