Monday, July 11, 2005

INDONESIAN IDOL 2 Zzzzzzzzzz....

Indodol tahun ini enggak kelewat asyik buat gue karena beberapa hal. Pertama, gue mesti les Perancis setiap Selasa-Jumat. Kedua, gue kekurangan pemasok tiket gratisan secara Agus dan Kenny udah nggak kerja di Freemantle lagi, tinggal Miund yang temannya segudang jadi waiting list-nya kayak ngantri ngobatin jerawat sama Dokter Ronny di MMC dan Barrie yang biar belum punya teman segudang di Jakarta—maklum, anak Cirebon yang umumnya kan lebih gemar nonton tarlingan di kolong Jembatan Jatinegara daripada Indodol;)—tapi akrab dengan orang yang tepat jadi sering banget dapet tiket gratisan. Tapi betenya, Barrie punya teman emas, yang selalu dia lagi dia melulu yang diajak nonton, huh! Awas aja kalo pas you-know-who itu udah cabut ke you-know-where dan lo nggak nawarin gue, gue nggak bakalan mau traktir lo di Starbucks lagi! (hihihi… emang kapan gue pernah nraktir ya:P?)

Dan alasan paling utama: pesertanya basi!!! Waktu gue nonton babak pertama Spektakuler di Cafewalk Plangi, cuma satu Idol wannabe yang suara dan interpretasi lagunya bikin gue termehek-mehek seperti dulu waktu Winda nyanyiin lagu Sang Dewi: Mike Mohede. Selebihnya, err… gue baru yakin bahwa yang gue tonton emang Indonesian Idol setelah lihat muka cakep tapi tolol-gagapnya Irgi yang ngomongnya berlepotan mirip Aydin keponakan gue kalo lagi disuapin bubur pisang dan Atta yang cantik dan harus berusaha keras nutupin kedudulan Irgi—lo mesti minta bayaran lebih, Ta! Jangan mau kalo honornya disamain!

Ternyata gue nggak salah, ini emang Indodol! Cuma... kok gini?

Setelah nonton beberapa babak sampe akhirnya nyisain enam peserta, gue rasa Indonesian Idol kali ini tambah ngebosenin karena hasilnya kelewat gampang diprediksi. Nggak ada kejutan berarti seperti tahun lalu (Winda keluar di babak Spektakuler 2—yang gue baru tahu belom lama ini; Lucky kalah dari Delon dan Helena) yang semuanya, biar ngejengkelin, tapi bikin Indodol jadi seru. Belum lagi para Idol wannabes itu punya kemampuan yang khas dan semuanya selalu tampil habis-habisan buat nunjukin yang terbaik yang bikin tiap minggu gue mendukung orang yang berbeda, tergantung penampilan siapa yang terbaik.

Kalo sekarang? Let’s see.

Minggu pertama, Danar keluar walau mungkin para perempuan tampil lebih jelek, tapi Danar juga nggak terlalu luar biasa dan gerakan tangan jurus ombaknya itu sumpah sangat ganggu sehingga bikin gue nggak kelewat komplen ketika dia ditendang keluar. Mike yang paling keren.

Minggu kedua Ronald keluar. Di minggu pertama gue pikir dia lumayan bagus dengan gaya nyayi falsetto-nya walaupun banyak masalah pitch di sana sini. Tapi teman gue, Naek, yang juga gemar Indodol bilang kalo minggu kedua, penampilan Ronald emang jelek, dan gue percaya penilaiannya so, sekali lagi, gue nggak komplen sama hasilnya. Katanya, Mike masih paling keren.

Minggu ketiga Wisnu—yang adalah teman kos Naek di Bandung—ditendang keluar dan gue berhasil nonton langsung secara Kenny dapet tiket dari teman Freemantle-nya. Judika mulai unjuk gigi—yang emang putih dan sangat kontras dengan kulitnya itu—waktu bawain lagu “This I Promise You”. Sekali lagi, suara Mike yang empuk sukses menggerus-gerus perasaan gue waktu dia ngebawain lagu Bahasa Kalbu yang hasilnya lebih ‘nyayat’ daripada suara bindengnya Titi DJ.

Minggu keempat kembali gue nggak nonton dan kali ini yang terdepak adalah Vira yang dibelain sama Gusye punya power saingan sama TOA dan udah nekad manggil Titi DJ “Tante” dan Indra “Oom” secara dia masih 17 tahun. Tapi ndilalah power itu nggak kelihatan selama babak sppektakuler. Yang ada tiap minggu dia ngerusak berbagai lagu dengan interpretasinya yang bikin lagu asyik jadi nggak enak. Dan Mike, masih luar biasa, seperti biasa.

Minggu kelima Yudi ‘si sok Michael Jackson’ akhirnya kelibas komet waktu lagi moonwalking. Sumpeh, gue nggak pernah lihat penyanyi yang segini ngeganggu gayanya. Bawain lagu slow aja dia bergoyang udah kayak nyanyi lagu “Lose My Breath”-nya Destiny’s Child. Hasilnya, dia sering kehilangan nafas dan power suaranya persis speaker mushalla kompleks gue yang cuma menang keras tapi gue nggak pernah yakin sama apa yang gue denger. Errr... Pak Ustadz tadi bilang “Bismillah...” ato “Allahu Akbar...” ya? Artikulasinya sering membaur. Hasilnya hancur. Sementara, biar nggak sehebat biasanya, Mike teteup oke ngebawain lagu rock, katanya ya secara gue nggak nonton:D. Tapi menurut Naek, Judika was the star!

Minggu keenam giliran Glenn si cakep yang keluar. Gue sih nggak kaget karena mestinya Glenn keluar dari kapan tahu karena ini orang emang kalo nyanyi datar banget dan nggak ada gregetnya. Mending Delon kemana-mana kali. Jadi, ketika dia akhirnya keluar, gue kasih standing ovation buat penonton Indodol yang udah milih dengan benar. Dan Mike? Stralah, dia emang dua (ato tiga?) tingkat di atas yang lain. Dia teteup paling juara.

Dan minggu ketujuh, ketika Maya ditendang keluar, gue cuma bisa ngelus dada karena Indodol makin terasa membosankan karena hasilnya terlalu mudah ditebak. Maya si jutek ini emang nggak pernah tampil bener-bener bagus. Tampil dengan ngebawain lagu Festivalnya Vina Panduwinata, dia nyanyi teteup dengan mimik ibu tirinya Cinderella yang lagi ngelempar sapu ke lantai dengan jutek. Gue rasanya pengen ngelempar Maya pake sapu beneran *ibu tiri emosi mode on* secara Teteh Vina itu adalah penyanyi favorit gue dan gue sumprit kagak rela lagu2nya diacak-acak sama Maya, yang mendingan ikutan KDI aja secara kalo dipikir-pikir mukanya mirip banget Iis Dahlia minus kumis getoh lho.

Sementara Monita tampil seperti biasa dengan punggung bungkuk, mata terpejam, mulut meringis, dan suara datar tanpa emosi. Duh, Monita, kamu tahu nggak sih, kalo ngomongin warna suara, kamu tuh nggak kalah dari Mike! Gue serieus. Dan gue yakin, dengan latihan, urusan teknik dan nafas kamu bakal bisa berkembang nyaingin Mike. Masalahnya, kamu nyanyi tanpa emosi. Kamu nyanyi kayak anak TK nekad nyanyi lagu “Hati yang Luka”-nya Betharia Sonatha, hehe... Lempeng aja kayak kamu nyanyiin lagu “Taman Kanak-Kanak”.

Saran gue, Mon, coba pacaran sama seorang playboy abusif, biar kamu bisa ngerasain sakit hati diselingkuhin, digamparin, dan diputusin. Abis itu pacaran sama cowok romantis yang memperlakukan lo seolah2 kamu adalah Juliet-nya. Jadi, ketika kamu nyanyi lagu “Bintang-Bintang”, kamu bakal bisa bikin yang ngedengerin seolah-olah terbang melayang di angkasa. Dan kalo nyanyi lagu sedih, kamu bisa bikin yang ngedengerin garuk-garuk aspal meratapi nasib kayak ngedengerin Eddy Silitonga nyanyi lagu “Mama”! Coba denger deh suara kamu nyanyiin lagu “Oh la la” kemaren. Dataaaaaaaaaar aja, seolah kamu nggak pernah ngerasain kesenangan dan kesedihan sama sekali dalam hidup.

Finalis lain, Harry, tampil ngebosenin. Kembali pamer nafas seolah-olah kemampuan nyanyi yang bagus dan menarik itu cuma ditunjukin dengan nyanyi berbar-bar tanpa narik nafas sekalipun. Bosen. Itu mah bagiannya Harvey Malaiholo yang kalo inget pas nyanyi coda lagu "Seandainya Kita Selalu Satu" gue selalu pengen tepuk tangan sampe tangan kapalan. Tapi Harvey juga nggak terus-terusan nyanyi satu nafas begitu kali. Jadi, biar secara teknis dia bagus, tapi interpretasinya nggak konsisten, dan sayangnya nggak selalu menghibur pula.

Tapi Firman buat pertama kalinya tampil asyik. Sebelomnya, gue rada-rada bete sama gaya Bo Bice wannabe-nya Firman dengan suara dan gaya seraknya yang sama sekali nggak cool. Malam itu, dia ngebawain lagu Bento dengan asyik. Tapi tampil di grand final? Masih ada Judika dan Monita bahkan Harry kali.

Btw, gue bisa nonton babak spektakuler kali ini gara-gara bolos les buat sesyen curhat dengan Ami. Sesyen curhat yang mestinya kelar jam 7 itu ternyata lanjut berkepanjangan sehingga gue putusin untuk sekalian nonton babak spektakuler kali ini di Cafewalk Plangi. Dan pas banget waktu Judika ngebawain lagunya Air Supply, “Making Love Out of Nothing At All”, Ami juga lagi in the mood buat curhat dan Iwan—yang datang belakangan—balas ngegonggongin curhatan Ami. Gue jadi nggak terlalu nyimak. Yang gue denger cuma ini orang artikulasi bahasa Inggrisnya dudul banget ya, saingan sama Joy Tobing yang setiap nyanyi lagu bahasa Inggris, khususnya di grand final waktu nyanyi lagu “The Trouble with Love Is”, bikin gue berpikir bahwa RCTI harusnya nyediain subtitle! Secara kemudian gue bergabung dengan Naek yang Batak, tentunya gue langsung ‘mengkonfirmasi’ ke dia apakah ini emang bawaan lidah Batak susah buat ngelafalin kata-kata dalam bahasa Inggris:D? Naek ngamuk.

Dan My man Mike, yang tampil ngebawain “Crazy Little Thing Called Love”, membuat gue berpikir bahwa persaingan Indodol kali ini seperti partai pertandingan Venus Williams ngelawan Golda. Mo dilihat dari sudut mana juga, udah nggak mungkin banget Golda yang imyut menang lawan Venus yang kekar. Tapi khusus malam itu, penampilan Mike seperti Venus ngelibas Golda dengan 6-0, 6-0 tanpa dapet satu angka pun! Mike bener-bener unjuk kemampuan teknik dan interpretasinya bikin lagu yang udah asyik itu jadi asyik a la Mike! Asli, nggak ada lawan!

Dan gue rela deh, nonton Indodol cuma buat nonton Mike.

64 comments:

  1. Anonymous4:35 PM

    gue pilih Judika ;)
    kalo Mike udah jelas, kita liat saja nanti...:P. sama ketika si venus (unggulan 14) ngalahin davenport di final wimbledon, secara davenport unggulan 1

    gue harap, Judika kayak gitu, underdog tapi tar bisa ngalahin mike hehehe

    paperdenim

    ReplyDelete
  2. KERTAS JEANS

    ya oke deh, kita lihat aja. judika emang saingan terberat mike, biar dia lebih pendek daripada firman, tapi dia lebih lebar, jadi pasti lebih berat. tapi lihat dong mike, beratnya udah nggak bakal ada yang ngalahin.

    suaranya juga.

    ReplyDelete
  3. Anonymous5:15 PM

    Hmm .. Indodol 2 ini sedikit ngingetin gue ama polanya amidol 2. Tapi musti underlined: DIKIT. Mike di Indodol 2, bisa dianalogiin sama Ruben of Amidol 2 yg tampil cuman untuk dipuji. Trus, Judika yang underdog pelan2 tampil semakin menarik perhatian. Bisa jadi dia bakalan jadi Clay Aiken versi Indodol. Tapi kalo di Amidol 2, mereka masih punya Kimberly Locke, Trenyce, dan Kimberly sumthing (yg gue lupa family namenya apa). Di Indodol 2?? Hmm jauh bener. Even Monita, yang satu-satunya finalis cewek tersisa. Gue gak suka nih suaranya, 'bening' banget. Maksud gue: Inget grup BENING kan? yang isinya muka2 cantik doang itu? Sok coba niruin timbrenya Norah Jones .. tapi uahhh .. jauh banget, secara Norah soulful banget kalo nyanyi ..
    Emang sih masih mending Indodol 1 banget, terutama di barisan ceweknya. Ada Winda yg suaranya gemesin, ada Nania, yg range vokalnya lebar walaupun mesti lebih belajar tentang interpretasi, masih ada helena yang cute dan interpretasinya ok, and of course the champion Joy yang overall wonderful walaupun english pronounciation-nya jelas-jelas bagusan gue -- Rio, week :p --
    Trus yang gue heran, propagandanya pihak Indodol yang bilang finalis Indodol kali ini lebih berkarakter. Di pikiran gue sih, yang namanya berkarakter itu, in terms of nyanyi, ya kalo suaranya gue dengerin dari jauh gue bisa langsung nebak yang punya suara siapa. Dan menurut gue, yg gue inget suaranya dari para finalis sekarang ini cuman Mike, Judika, dan Wisnu. Untuk kasus Wisnu sih, karena gue pernah sekost ama dia, sering aja denger suaranya waktu nyanyi di kamar mandi :D
    Gue gak ngeh aja kalo para juri itu bilang Firman sangat berkarakter. Well, yang gue tau Firman itu very2 ngerock, a kinda Bo Bice wannabe kata Rio, tapi gue ga inget tuh suaranya kaya gimana. Dan yang pasti suaranya jauh di bawah standardnya Bo Bice :( Yang lain-lain: Danar, Ronald, Yudi, Monita, Vira, Maya, Harry, suara mereka sama sekali gak keinget. Musti sambil liat orangnya nyanyi baru ngeh..
    Di Indodol 1, at least gue inget suaranya Winda, Joy, Michael, Lucky. Karena posisinya 4-2 (Wisnu gue gak itung karena alesannya so subjective), ya menurut gue Indodol 1 jelas lebih berkarakter. Huh ... apa karena juri 1 itu yang sekarang digantiin ama Dimas (yang balik lagi) yang bikin standard Indodol 2 jadi mendekati AFI alias turun ke bawah ? Gak rela deh gue ..

    ReplyDelete
  4. Anonymous5:19 PM

    RIO

    garing deh lo..tumben :P

    bisa jadi, makin lama penonton bosen dengan mike trus judika makin lama powernya makin terasah ;). Judika juara! secara cewe dia temen gue, jadi gue dukung judika...;)

    paperdenim

    ReplyDelete
  5. Anonymous5:50 PM

    huaaaaaaaaaaaa... di mana bisa liat rekamannya indodol????

    ReplyDelete
  6. NAEK gue kayaknya mesti setuju sama analogi lo *dengan berat hati:D* judika bisa jadi kayak clay, yang ketika di final malah menurut gue tampil lebih menarik daripada ruben.

    tapi gue kurang setuju soal monita:P. menurut gue timbre suaranya enak dan khas, sayang soul-less. itu bener. kalo dia bisa atasin, mungkin dia bakal berkembang jadi jauh lebih menarik, kalo nggak, ya gitu deh.

    sumpeh lo manajemen indodol bilang gitu? orang RCTI apa Freemantle? gila ngelesnya luar biasa. jelas banget kualitas dari segi apapun indodol sekarang drop! gue gak nonton AFI sekarang jadi nggak tahu, tapi kalo inget AFI 2 yang sempet lihat beberapa episode, wah, parah. waktu itu juga tia terlalu kuat buat AFI-AFI yang laen.

    mudah2an nggak.

    ReplyDelete
  7. gw juga rela! voto for mike :-0

    ReplyDelete
  8. LENJE kesian deh lo:P. kalo mau tinggal donlot kok. ada.

    DODY setuju! mike rules!:D

    ReplyDelete
  9. Anonymous6:24 PM

    Wah gue gak nangkep khasnya suara monita tuh yo .. Semoga itu karena gue blom pernah nonton live :( --cariin tiket dunk..

    Dari fremantle tuh, trus jurinya juga -- terutama yang lengser itu.

    ReplyDelete
  10. IndoDoL 2: cuman Mike satu-satunya.

    Prediksi 2 besar:(hopefully Insyaallah maybe): Mike and Firman

    ReplyDelete
  11. Anonymous7:42 PM

    aduh pegimana yah? gw bener" bingung di Idodol 2 inih... yg paling bagus emang sih bisa dibilang si mike.. tp volume vokalnya untuk orang se"besar" dia kecil aja gheto lohh...

    untuk peserta ce nya gw no comment, semuanyaaaa jelek, even monita (the worst), bahkan ada 1 yg gw ga tau siapa, setiap dia maenin nada, selalu kayak nyanyi lagu dangdut.

    IDODOL 1 teteub better, karena mereka lebih berkarakter, dan tentu saja tak ada yg bagus seperti WINDA, heauue :D:D, meski gw sempet shock waktu she got kicked out. damn u DELONERS!!!!

    hiks.... bingung jadinya....

    ReplyDelete
  12. Kalo gak ada Mike, jadwal nonton Indodol2 bakal gw relain buat nyokap & sekutunya (baca: pembokat gw) buat nonton sinetron ind yg udah masuk daftar rejected shows dari channel TV gw. Coz peserta yg lain garing bgt nurut gw, jomplang deh dari indodol1

    ReplyDelete
  13. Anonymous10:26 AM

    ZIE gue gak bermaksud compare Indodol vs Amidol secara materi, secara jelas-jelas Joy the champion of Indodol 1 dlm hal vocal ability masih kalah jauh dibanding Fantasia Barrino(apalagi klo dibanding Kelly Clarkson). Yang gue analogiin adalah level persaingannya, klo Amidol 2 merata, Indodol 2 jomplang. That's all. Gue setuju ama Rio, semoga Judika perform better, ngasih perlawanan ke Mike geto loh..

    Masalah M'sia Idol & S'pore Idol, I've got no idea. Gue ga punya akses nonton mereka :D Yang gue bayangin sih kagak jauh-jauh ketimbang AFI, CMIIW.

    ReplyDelete
  14. Anonymous10:44 AM

    hidup POPSTAR TransTV!
    yang lain...cuma follower...

    paperdenim

    ReplyDelete
  15. Calon gue buat final: Mike, Judika sama Firman. Monita, Yo? Ke laut aja. Gila gue benci banget sama cewek ini. Siapa juga sih juri bodoh yang nekad2nya milih dia? (hear that, Indra Lesmana?) Gayanya kayak anak SMA nyanyi di Pensi, suaranya juga -- walaupun iya gue akuin suaranay unik, tapi ngeliat kelakuannya sih kayaknya suara uniknya cuma bakal berakhir di band keluarga model2nya Shaden.

    Anyhoo, Mike harus dan pasti menang karena dia sodara sepupunya Frans Mohede (hubungannya, please?). Hehe. Gak, dia harus menagn karena gue jatuh cinta sama dia. Suaranya selalu bikin gue mau nangis, padahal sebagai ibu2 yang lebih doyan rock dibanding pop, lagu2 yang biasa dinyanyiin Mike gak pernah masuk lagu yang gue suka, apalagi suka gue hummingin. Tapi begitu dia yang nyanyi Pupus, atau Bahasa Kalbu, atau apalagi itu yang sesudah Pupus, gila gue jadi suka sama tiga lagu ituuuuu..

    ReplyDelete
  16. YAYA, semua setuju banget kalo Mike pasti masuk grand final. Tapi Firman? Errr... aku aja masih milih Harry kali daripada Firman, soalnya Firman baru satu kali tampil lumayan asyik.

    Grand Final: Mike vs Judika.

    ReplyDelete
  17. VINS, suara Mike itu empuk banget lagi kayak daging tenderloin di-steak dan mungkin emang dia juga gemar makan steak makanya segede itu, hehe...

    gue setuju monita paling jelek kalo ukurannya adalah teknik dan dinamika. masalahnya, suaranya sebenernya enak, gue lebih suka warna suara dia daripada vira ato maya.

    wah, lo penggemar winda juga. menurut gue keluarnya winda adalah kebodohan paling besar dalam sejarah indodol.

    ReplyDelete
  18. APEY emang sih, gue juga jadinya nggak terlalu bela2in buat nonton. abis, mike sama judika doang yang konsisten bagus. jadi mending les aja deh, hehe...

    ReplyDelete
  19. Judika, Mike and Firman. Tapi gue paling demen Firman. huhuhuhu..

    ReplyDelete
  20. ZIE, sama kayak naek, nggak bisa bandingin sama singapur ato malaysia. gak pernah nonton. si mel kali ya yang bisa kasih komen. mungkin lo bisa upload acaranya;)?

    ReplyDelete
  21. KERTAS JINS apaan seh:P? pop star cuman idup sekali nggak ada gaungnya pula:P.

    LING wah ada juga yang lebih suka firman daripada mike:D. oks deh, kalo lihat penampilan firman tadi malem, dia punya kans buat masuk 3 besar, tapi dua besar? nggak kali yaaa...

    ReplyDelete
  22. Anonymous11:54 AM

    KERTAS JEANS, RIO, Wisnu itu eks finalis Popstar juga, bertahan sampe 20 besar. Kalo di Indodol 2 aja dia bisa masuk 10 besar, berarti kan jelas banget Indodol 2 ini kualitasnya drop banget, secara gue gak melihat progress performancenya Wisnu .. :D

    ReplyDelete
  23. Anonymous11:55 AM

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. GIRL IN A GARDEN

    wakakak... gue juga awalnya bete berat sama monita, tapi lama2 gue lihat ini anak sebenernya lumayan khas suaranya. sayangnya, udah sekian lama kok nggak berkembang banyak ya:(?

    yah itulah efek suara Mike yang mendayu dan mengharu biru:D. gue aja lebih suka pupus sama bahasa kalbu versinya dia sekarang, hehe... btw, lo kalo gitu bisa dibilang rocker housewife ya:D.

    ReplyDelete
  25. Anonymous2:08 PM

    Selain Wisnu :

    Mawar AFI 1 = finalis POPSTAR
    Danar Indodol 2 = finalis POPSTAR
    Leo dan Intan AFI 3 = finalis POPSTAR
    Gamila 24 besar Indodol 2 = finalis POPSTAR

    kertasjeans

    ReplyDelete
  26. eh JIN KERTAS, gila ya, fanatik amat sih sama pop star! udah kelaut juga tuh acara, masih aja dibela-belain:P!

    ReplyDelete
  27. Anonymous2:33 PM

    intinya...lulusan POPSTAR ada di acara2 (follower) bakat lainnya ;)

    paperdenim

    ReplyDelete
  28. Anonymous3:04 PM

    agusitem , www.agusitem.blogdrive.com

    gue tidak mau memberikan pembelaan yang berlebihan untuk masalah ini ya ... secara gue pernah terlibat di program "Idola Indonesia" ini ...

    tapi... dari apa yang gue kerjakan waktu itu, mereka-mereka yang terpilih sampai babak workshop adalah calon bintang yang punya talenta sangat besar ...

    kalau ternyata mereka yang sampai ke babak spektakular itu berasa nggak "berbunyi" .. gue sendiri sama sekali nggak ngerti .. "ada apa yaaa?"

    tapi emang bener ... idola indonesia yang sekarang udah nggak menyenangkan lagi untuk ditonton ...

    ReplyDelete
  29. GUS mungkin emang salah pemilih juga kali ya yang sms pas workshop. kok bisa yang masuk ke spektakuler cuman segitu aja kualitasnya.

    sayang.

    ReplyDelete
  30. Hello Rio, thanks for the comment on mine! Serius amat nanggepin Indodol2?!:) Tapi Mike okey emang, cannot deny deh, satu orang yg ngebuktiin kalau "tampang" is not everything ;) Tapi aku nggak nonton tuh yang kemarin so cannot say more... But Monita hmmm...suaranya bukannya cuma bisa buat satu jenis lagu doang yah?

    ReplyDelete
  31. Anonymous7:04 AM

    Secara gw gak ntn Indodol, jadinya mau ngomentarin yg laen.
    Secara gw dah dijanjiin tiket gratis sama Gusye jumat ini unt ntn Indodol (pdhal gw mencoba merayunya unt ntn pas 3 besar aja) tapi entahlah.. Semoga Gusye tdk lupa dgn janjinya. Karena dia punya 6 tiket gratis dan masih mencoba unt menambah lagi. Gusye, ingat 2 adik mu ini.. Golda dan Uli, yang sdh kau janjikan tiket tsb, lainnya terserah anda!
    Secara gw bingung dengan Golda yang di tandingkan dengan Venus Williams (ngga mungkin bangeud gituloh). Tapi gw masih terheran, kenapa ada namaku disana. Ah.. rasanya gw tau, biar akses ke blog gw cepet ya Yo?
    :D

    ReplyDelete
  32. Aku juga setuju tuh mas Rio,..secara Mike emank bisa dibilank dah kaya Rubben banget gitu loh :D,...suaranya itu ciamiik!!!! Bikin yg nonton jadi mengharu biru. Btw,..Judika itu gitu2 kan lulusan Asia Bagus,...aku lupa angkatan brapa tapi dia sempet gabung di Antero Boys. Klo Monita,.aku no Comment deh,...abis dari minggu ke minggu perubahannya nga banyak. Sekalinya nyanyi bagus,...ya..nyanyiin lagu yg nge-swing gitu deh ( aku lupa judulnya:D)Trus,...klo Firman,...rock???sapa takut :D

    ReplyDelete
  33. SILVI wah aku sih emang selalu serius *ceilah, nggak banget ngaku2*. yah so far monita emang baru bisa ngbuktiin kalo dia cuma bisa nyanyi satu gaya. sayang banget lah itu abg.

    ReplyDelete
  34. GOLDA apaan???? gusye mau bagi2 tiket dan gue kagak dibagi??? GUSYEEEEEE!!!!!!!! gue sumpahin tambah item lo ntar!

    gue mbandingin sama lo sebenernya emang jauh dari matching, hehe... tapi yah, itu tandanya gue mengakui keimyutan lo kan:D *sambil nahan mules* hehe...

    ReplyDelete
  35. SALLY haha... jadi jelas dong ngedukung mike, judika, sama firman? btw, salut juga nih orang2 kok pada hapal sejarah para indodol itu ya:D.

    ReplyDelete
  36. Anonymous10:38 AM

    GUS
    Salam kenal yaa ..
    Secara tanduk gue berdiri tanda pengen dapet tiket indodolnya :D

    ReplyDelete
  37. aku dukung judika, hidup batakkkkkk

    loh kmu ga dikasih tiket ama mas gusye

    ReplyDelete
  38. ULI chauvinis kedaerahan sekali sih:P!

    iyaaa... baru dapet dari gusye setelah diancem dan diblackmail, hihihi....

    ReplyDelete
  39. wah rio, gue ngak bisa comment lagi, gue asli setuju ama semua yang loe tulis !!! asli yah indonesian idol kali ini malu2in banget, semuanya itu ngak berhak masuk as finalis apalagi pemenang ? kecuali Mike, waktu audition aja, gue udah merinding denger suara dia, dia top banget deh ! Tapi yang laen laen ? wah gue sampe rela omong kalo AFI lebih bagus kali ini daripada indonesian idol. Gue tuh sampe tiap hari Jumat ngak nonton lagi, gara gara males ngeliatin semua finalisnya yang norak dan suaranya yak ampun, dengernya emosi. Itu Glen yah ... yak ampun, bener kata loe, harusnya dari jaman dulu banget dia udah keluar. Terus itu Monita, aduhhhhh asli gue ngak suka banget ama suara dia, aduh kenapa dia bisa masuk yah ? gue tiap kali liat dia nyanyi, gue emosi2 sendiri, mending gue ngak nonton kan ? Pokoknya mengecewakan .... terus satu lagi yang super garing ... ini kenapa yah Indonesian Idol ikut2an orang bisa sms sejak acara dimulai yah ? Kok ngak Indonesian Idol banget sih ? males deh ....

    ReplyDelete
  40. MONA setuju banget. kalo jadi sekelas AFI gak tahu juga abis nggak pernah nonton AFI hehe... tapi kalo nginget AFI dianggap biasa, Indodol emang udah turun kelas ke biasa.

    ReplyDelete
  41. Anonymous2:29 PM

    gak nonton indodol :D

    tapi gue asli ngakak pas bagian "garuk2 aspal"

    jadi pengen nonton...:(

    mel

    ReplyDelete
  42. Anonymous2:44 PM

    Hidup AFI 2005 !!!

    :p

    ReplyDelete
  43. Anonymous2:49 PM

    Nania (juara 3 idol 1) dulu juga pernah ikutan popstar tapi di cela abis sama Imaniar, katanya kegendutan gitu..

    Mana gaungnya juara popstar.. vocal group apa namanya itu lupa.. nyaris tak terdengar kan..

    popstar itu bukan pioneer tapi lebih ke one wonder phenomenon..

    ReplyDelete
  44. MEL secara lo gemar nonton singapore idol, lo pasti suka indodol. eh bo, ngomong2 apa aja lagu yang paling bisa bikin lo garuk2 aspal:D?

    ReplyDelete
  45. ROM, lo mau gue dilet ya komennya:P?

    R wah, satu lagi sejarawan indodol:D. imaniar ngomong gitu? nggak banget sih.

    no comment deh soal popstar, nggak pernah nonton sih, hehe...

    ReplyDelete
  46. Anonymous4:18 PM

    buat R :
    popstar emang nyari grup, bukan solo, secara nania gendut jadi takut aja gak bisa gerak hehehe

    juara Popstar = Sparx

    paperdenim

    ReplyDelete
  47. Gue pernah nonton popstar beberapa kali di trans TV, dan gue sempat nonton popstar versi australia juga. Kalo ngak salah itu lomba penyanyi yang pertama yah ? american idol duluan atau popstar sih ? popstar itu dari UK awalnya kalo ngak salah. Menurut gue audition popstar lebih fair, soalnya itu ngak pake sms. Kalo pake sms, wah loe bisa suruh orang satu sekolah, satu kampung buat vote loe ... Walau popstar ngak terkenal di sini, padahal bagus banget lho. Gue suka tuh sama lagunya Sparx!

    ReplyDelete
  48. Anonymous12:47 AM

    Secara gw ngga bs nonton indodol (baik I dan II), [disini RCTI cmn bs ditonton pke parabola yg i won't bother with 4 only watching indodol though i like it! huuw..] jadinya gw donlot video2 lagu babak spekt dr Top 12-7 (minus yg 10) biar ngga binun terus baca reviewx rio.. n hslnya gw jd gatel pengen komen jg..

    Mike, Finalist yg swaranya plg jernih..nih..nih..! n the finest voice tentunya.. hrs gw akui, mike py kualitas swara yg terbaik di antara finalists laennya.. klo mo dicompare, mike reminds me of the 1st aussie idol, guy sebastian, improvisasinya mirip2, klo di indo, sekomplet marcell menurut gw.. lagu apapun klo dia yg bawa sounds good.. on 'pupus' cara dia maenin nada amazing n ngasi warna baru di lagunya.. syg ekspresinya kurang..

    Judika, penyanyi serba bisa utk segala jenis lagu! teknik keren, stage act uhuy, cengkokannya.. huuw bwat gw merinding.. aplg pas bawa lagu seurieus 'rocker jg manusia', mantabh dah jd rocker, bahkan mike gw rasa gak bs naklukin lagu rock kaya' dia (masa mike bawa lagu 'mengejar matahari' as a rock song?!) n hebatnya dia bs jg bawain lagu yg berkarakter opposite semisal 'hampa'nya ari lasso in perfectness!! gw ada feeling judika bakalan jd indodol II yg plg ngetop..

    Monita, satu kata: swingy!! yup, niy look-like-agmon plg cocok ma songs that kinda swingy n jazzy, aransemen lagu 'bagaikan langit' yg diobrak-abrik ma dia hasilnya surprisingly kewren! as the same thing she did to 'menangis semalam'.. tp dia msh lom berani, lom lepas.. kaya'nya faktor usianya yg masih muda-belia-cute-skalee cukup ngaruh.. another thing, stage actnya krg.. as rio said a lil bit soulless, tp dia py karakter n gaya swaranya khas, momon's own colour YGD! :)

    Ronald, charming! control n cengkokan bernyanyinya bgs.. gayanya bak professional, falsetonya actually gud, cuman srg kebanyakan n suka salah cuttingnya, contoh pas nyanyi 'kau yg terindah' sblm di voted out.. lbh bagus pas on 'masih', syg dia t'lalu cepet kluar..

    Harry, si Mr.Focus! too much vibrating.. kdg2 malah nearly inaudible, t'lalu hati2.. jd no fun.. pdhl tekniknya menonjol..

    Yudi, si Mr.Gaya! hahaha.. gw ngakak pas rio blg "Sumpeh, gue nggak pernah lihat penyanyi yang segini ngeganggu gayanya" n gak lupa bag.'dilibas kometnya' huhuhu.. sbnrnya swaranya bgs.. cmn ya itu, gak bs nyesuain arah lagu ma kelincahannya.. jd ketawa-ketiwi.. :P

    Maya, Ms.No Expressione! kurang senyum may, tegang banget.. swara n power lo ok sih, cuman gak smua org suka jenis swara yg 'rapi' spt punya lo..

    Glenn, Mr.cool! cool-but-too-much-tryin-to-look-cooler
    swara biasa bgt, untung dilatih spy bs improvisasi dikid.. jd ada modal (lg2 dikid) bwt kedepan.. :P

    Wisnu, Datar! gak da istimewanya, sorry wis u r far not prepared enough 2 b an indodol..

    Yg laen? hehe.. gw lom liat, ada yg mo gimme the videos? trutama firman, scr dia 5 bsr yg lom gw dgr..

    Prediksion GF: Mike 'n Judika si kuda item.. (Ruben Studdard vs Clay Aiken? seems to be..)

    bwt yg mo donlot some of the videos that i knoe: http://www.bintangkecil.net/idol/

    ReplyDelete
  49. Anonymous10:31 AM

    Aduuuh, Indodol, taun lalu aja gue udah kaga ngikutin, apalagi taun ini...

    Lebih bikin penasaran Ari Wibowo Cari Pembantu kali, hehehe, next time maybe di blog ini yang dibahas adalah: Si Iyem ngulek sambelnya lebih jago... Yu Nah nyuci bajunya biar jongkok tapi teteup graceful...Ningsih dandannya kegenitan...Sakem dorong mobilnya koq kuat bener...Titin histeris gara-gara tereliminasi...etc

    ReplyDelete
  50. REZA ini mah bisa jadi postingan sendiri. tapi kita kayaknya satu pendapat ya, hehe... sama2 nganggap monita dan ronald sebenernya bagus, sayang. harry teknik ok tapi ngebosenin.

    trus sama2 setuju judika kuda hitam dan bisa jadi clay kedua, mike yang kayak ruben boleh menang, tapi akhirnya judika yang lebih ngetop. ato jangan2 indodol emang doom buat para pemenangnya. runner up selalu lebih sukses karirnya.

    let's see lah hasilnya;). n tengkyu buat info websitenya ya, tuh, mel donlot aja;).

    ReplyDelete
  51. Anonymous10:47 AM

    baskin,

    bisa jadi hidden cam-nya ngrekan, Yu Nah lagi dimarahi ama si Tukang Sayur or Tukang Kebon hihihihi...

    ReplyDelete
  52. BASKIN busyet deh:P, emang udah mulai ya tuh acara? Gimana kalo lo aja yang review:P? Kayaknya kalo urusan pembantaian gue gak bakat *ngeles mode on* hehehe...

    ANONIM busyet deh, kenapa juga tuh pembantu dimarahin tukang sayur ma tukang kebon? bukannya dipacarain:P?

    ReplyDelete
  53. Baskin,....
    kayanya boleh juga tuh,...klo ada laporan pandangan mata ttg "Ari Wibowo Cari Pembantu"...sok atuh dipostingin!!!!!

    ReplyDelete
  54. Anonymous7:41 AM

    Anjrit VENUS lawan GOLDA.. kek nya golda yg udah tipis bakalan makin tipis aja tuh dilibas sama si Venus :) *pisss Gol pisss*

    Gue masih susah ngebedain AFI sama Idol ternyata... :(

    Way

    ReplyDelete
  55. Anonymous5:54 PM

    golda...gw dukung elu! lawan dong kalo yoyok berbuat semena-mena ama elu! *kompor!!!* heuheuheu

    gw teteub ama MIKE

    ReplyDelete
  56. ga pernah nonton indodol. yang gue tau cuma sekelompok orang ngomentarin orang lain tanpa mikir bahwa kalau dia bisa apa ngga jalanin apa yang dia omongin...

    sayangnya sejak american idol meledak, indonesia yg notabene hobi banget "ngopi", banyak banget acara serupa yang muncul... sampai terkadang mendewakan seseorang ampe cium-cium tangan pula..

    well its not against the law but can it still be valued on the basis of objectivity penilaiannya kalau orang sudah mulai meng-approach orang lain dengan tindakan-tindakan yang seharusnya professionally tidak perlu dilakukan?

    kalo ga salah ada yg baru artis cari maid yaa... hehehe... bener2 no comment kalo yang ini... have no idea what all those people have in mind...

    hehe ga ada maksud apa2 cuman pas banget postingnya ama unek2 yang selama ini terpendam *wink2*

    ReplyDelete
  57. emang kok!
    Baca entry Rio tentang Indoidol malah lebih asyik dari pada nonton konsernya...

    ReplyDelete
  58. Setuju..Sekarang Indonesian Idol malahan jadi Indodol
    Pesertanya Garing, gak jauh beda ma jaman2 nya AFI dulu.
    Pada kemana kualitas INDOIDOL I ya?
    Ya..

    ReplyDelete
  59. SALLY gimana kalo kamu aja yang bahas ari wibowo dan pembantunya itu:D?

    WAY gila ya, payah lho, AFI pake acara nangis2, Indodol nggak:p. Gampang kan;)?

    NOLDIE *lempar raket* sapa yang semena2:P!

    ReplyDelete
  60. ALIA hah? gue gak pernah tahu tuh acara cari bakat yang sampe cium2 tangan segala. gubraks!

    sebenernya kalo ngikutin dengan baik seh gak papa kok, orang amrik juga suka niru, tapi sayangnya bukan dari kita, hehe...

    nonton acara pandu bakat ini sama aja kayak nonton acara pertandingan olahraga: penonton selalu lebih pinter daripada pemain;).

    ReplyDelete
  61. SIUUL yup, indodol = indonesian idol.

    PRAS tengkyu;).

    ANCA prihatin ya, untung masih ada mike dan judika dan sekarang, gue bisa bilang, firman.

    ReplyDelete
  62. Salam kenal:-)
    Found your blog address from a comment you made on a blog I regularly visit. I have to agree with the others. Your view on this is far more entertaining than Indodol season 1 and season 2 put together:-)
    Kapan-kapan nulis soal pemenang Indo Idol season 1 dong, siapa tuh namanya? What have become of her. Albumnya kayanya banyak banget di toko kaset dan CD but do people really buy them??..:-)

    ReplyDelete
  63. KOCONEGORO haha... thanks;). i did write about the first indodol finals in my past posts. you can look them up in my archives.

    yang menang indodol itu joy tobing, dan sayang banget albumnya nggak terlalu menarik dan dibuat asal-asalan. too bad.

    ReplyDelete
  64. Anonymous5:24 PM

    Beneran yo,
    Ternyata Judika adalah clay aiken versi indonesia, si kuda hitam tampil lebih menarik di grand final.
    Hayo ditunggu reviewnya gf versinya rio ..

    ReplyDelete