<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11556135\x26blogName\x3dfor+a+moment\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://guario.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://guario.blogspot.com/\x26vt\x3d8883002381500247543', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

To nyontek or not to nyontek, that is the question

Gue nggak pernah nyontek waktu SD. Satu kalipun. Boro-boro nyontek sama temen sekelas, yang ada ntar nilai gue jadi lebih jelek. Err… maklum, zaman SD gue masih berjaya sebagai juara kelas yang tak tertandingi, hihi… Tapi teman-teman gue nggak ada yang berani minta contekan ke gue karena gue terkenal pelit dan nggak pernah mau ngasih contekan. Abis, gue selalu diajarin bahwa nyontek itu salah dan gue harus percaya sama jawaban gue sendiri. Kalopun salah, yang penting hasil usaha sendiri.

Perkenalan gue dengan mencontek dimulai kelas satu SMP diajarin teman sebangku gue, Supriyatno (Pak, dimanakah engkau berada?). Waktu itu ulangan PMP dan seperti biasa gue dengan pelit menutup kertas ulangan gue supaya nggak bisa dilirik. Tapi pas kertas ulangan mau dikumpulin dan gue membiarkan kertas gue tanpa perlindungan di atas meja, Yatno langsung ngelihat jawaban gue dan mengganti jawabannya dengan cepat. Gue terlalu kaget untuk bereaksi seperti Mr Bean yang sok pura-pura nutup jawabannya itu.

Yatno, anak Jawir tulen yang kesannya lelet dan halus ini kalo nyontek bisa jadi sangat sigap dan beringas, hehe… Tapi biar suka nyontek, Yatno adalah anak yang sopan-santunnya paling juara kelas. Gue heran kok bisa sih ada anak sesopan ini! Bayangin aja, kalo Yatno maen ke rumah gue dan jalan lewat depan nyokap gue, dia bakal membungkukkan badannya sampe sembilan puluh derajat dan tangannya yang satu akan menjulur ke bawa, errr... agak-agak gorilla loook getoh, terus tangan satunya dilipat di punggung (Doel, tengkyu buat tambahannya).

Yatno! Nyokap gue bukan Sultan getoh lho! Gue pun protes sama kebiasaannya, "No, coba ya, lo biasa aja dong kalo lewat depan nyokap gue! Ntar nyokap gue punya ide aneh2 gara-gara ngelihat lo kelewat hormat begini! Bisa-bisa gue disuruh cium tangan tiap mau berangkat sekolah! Ngerepotin gue kan! Pokoknya kalo lo maen ke rumah gue, lo nggak boleh bungkuk2! Awas lo!"

Aduh, tolong jangan menyernyitkan dahi ya, gue emang nggak pernah cium tangan ortu gue atopun berbungkuk-bungkuk depan mereka dari kecil. Lha wong nggak dibiasain dan emang bukan budaya keluarga gue nunjukin hormat ke orang tua dengan cara seperti itu.

Eniwei, setelah dicontek Yatno untuk pertama kali itu, gue pun mulai lebih lunak sama prinsip anti-nyontek gue. Tapi teteup gue nggak kelewat murah hati juga, cuman satu-dua jawaban yang gue kasih setiap ditanya.

Tapi, kelas dua SMP mengubah segalanya. Gue duduk satu bangku dengan Johnson, teman sekelas gue di kelas satu. Di belakang gue duduk Vita, juga teman sekelas dulu. Gue naksir Vita. Menurut gue dia manis, hehe... Anaknya berkulit gelap ala mbakyu-mbakyu jamu gendong gitu deh. Vita, yang kalo ngomong suaranya pelan banget sampe gue rasanya pengen pinjem TOA punya Pak Olyas, guru olahraga, dan memberikannya ke Vita biar suaranya bisa lebih kedengeran. Vita yang rumahnya gus satronin tiap hari pake sepeda cuman buat maen atari.

Dan gue rasa peletan para Jawir yang harus gue derita hingga sekarang dimulai dari sini, dari saat gue naksir Vita dan berusaha menarik perhatiannya. Cara yang gue pake emang rada-rada ajaib: gue nyontek ke Vita. Tiap ulangan, gue SELALU minta jawaban ke dia, kecuali bahasa Inggris. Sisanya, nggak ada mata pelajaran yang nggak gue tanya jawabannya ke Vita kalo lagi ulangan.

Gue juga nggak tanggung-tanggung kalo nanya. Bisa-bisa semua soal gue minta jawabannya. Dan herannya, Vita selalu memberikan. Nggak pernah ngomel. Nggak pernah marah. Satu-satunya saat gue nggak nyontek adalah waktu ulangan umum gara-gara gue duduk paling depan dan nggak bisa berkutik.

Dan ketika rapor semester itu dibagiin, wali kelas gue pun menulis nama-nama juara kelas di papan tulis. Gue yakin Vita bakalan jadi juara pertama. Tapi, Bu Maharani yang menulis nama juara kelas dari nomor tiga malah menulis nama Vita Afriyanti, dan gagallah tebakan gue. Juara dua ternyata diraih teman sebangku gue, Jhonson, dan ndilalah, juara pertama adalah ... aduh, malu nih, ... gue!

Gue ngelirik ke Vita yang mukanya diam tanpa ekspresi. Waktu itu gue malu banget sama sikap gue. Gue yang dari dulu nggak pernah suka nyontek dan nggak pernah suka dicontek, tapi begitu jadi tukang contek besar gue sukses berat. Jadi juara kelas dari hasil mencontek sungguh nggak menyenangkan gue. Apa yang mau dibanggain?

Di kelas tiga, Vita nggak lagi sekolah di SMP yang sama dengan gue karena dia pindah ke Tegal mengikuti orang tuanya yang pindah tugas. Gue kembali sebangku dengan Jhonson di kelas tiga, yang nggak suka nyontek dan dicontek itu. Karir gue sebagai tukang contek pun berhenti. Gue kembali jadi Rio yang nggak suka nyontek dan dicontek. Nyontek udah jadi kehilangan daya tariknya.

Nyontek nggak sama rasanya tanpa Vita.

Dan si juara pertama akhirnya berhasil mengumpulkan bejibun komen untuk dongeng menconteknya saat dirilis di Blogdrive ;)
« Home | Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »

»

Post a Comment