Wednesday, August 25, 2004

Surprais yang nggak mensurpraisi

Senen kemaren gue sms-an sama Ve. Gini (biar semua ngerti dan nggak ada interpretasi beda, semua singkatan udah gue ganti dengan kata yang lengkap):

Ve Handojo, 11:42: Gue lagi ngumpulin temen buat nonton The Village di Djakarta Theater. Ikutan yuk.

Gue, 12:18: Gue lihat jadwal jam 19:45. Ya, kayaknya gue nggak bisa deh kalo jam segitu.

Ve, nggak bales.

Sekitar jam satu-an gue denger bos gue bilang kalo dia bakalan ada rapat di kementerian sore nanti. Hore! Gue langsung sms Ve.

Gue, 14:07: Ok, gue ikut. Beliin (tiketnya) dulu ya. Thanx.

Ve jawab, ok. Gue balik kerja lagi. Dan terus sampe gue nggak sadar udah jam berapa waktu gue dapet sms dari Ve.

Ve, 18:36: Lu dateng jam berapa?

Gue, 18:40: Setengah delapan. Kalo bisa, (gue dateng) lebih cepat.

Ve, 18:42: Gue udah beliin tiket. Ketemu gue di Djakarta langsung.

Gue, 18:49: Ok, thanx.

Nggak lama setelah ngirim sms, gue lihat jam, wah hampir jam tujuh nih. Bos gue belom balik padahal tadi dia bilang bakal balik. Wah, nggak ada jalan lain, kabur! Daripada kejeblos mesti ikutan rapat mendadak, mendingan gue kabur sebelom dia balik. Lagian jeleknya adat gue, kalo bos gue belom pulang, gue nggak enak pulang duluan. Padahal dia mah baik, dan nggak pernah ada masalah. Gue aja yang merasa kelewat bersalah pergi sebelom kerjaan gue beres yang... err... kapan bisa beresnya ya?

So, gue turun dan manggil ojeg. Tiga ribu perak ke Sarinah. Harga standar. Sampe Djakarta gue baru nyadar ada sms yang masuk dalam prosesi kaburnya gue itu. Ternyata, Ve.

Ve, 18:54: Rio, ada tambahan dua orang. Tolong beliin dong kalo lo nyampe. Gue udah kepalang pesan makanan neh. Begitu nyampe, let me know ya. Thanks.

Gue nggak bales karena gue pikir ntar aja gue telepon Ve di ticket box. Begitu gue mau beli, gue telepon Ve.

Gue: Ve, lo beli tiket yang di barisan mana? Biar gue beli tiketnya deketan.

Ve: Di G.

Gue (sambil ngelihat ke layar monitor. Udah lima kursi yang terisi di deretan itu): Oh, yang berlima itu ya?

Ve: Iya.

Gue (mau mastiin nggak salah denger, tau sendiri D sama G ato B kan kedengerannya hampir sama): Di baris G, golf, kan ya?
Ve: Iya, golf.

Ya udah, gue beli dua tiket di baris G yang berarti udah hampir mendekati pojok. Terus setelah selesai, gue telepon Ve lagi.

Gue: Ve, lo di mana sih?

Ve: QB, ya udah gue ke sana sekarang.

Gue: Nggak usah, kan masih setengah jaman lagi. Gue aja ke sana.

Ve: Ok.

Dan jalanlah gue ke QB. Gue langsung ke cafe-nya karena di mana lagi orang bisa makan di QB. Nggak tahunya gue ngelihat Kenny lagi make internet. Gue seneng banget liat muka smurf satu itu, hehe...

Gue (kita pelukan, duh, gue kangen banget sama teman gue yang satu ini. Udah lama nggak diskusi buku dan film dan cela-celaan sama ini anak. Asli kangen.): Hey, lo kapan nyampe sih?
Kenny: Kamis. Lo kok nggak kaget sih? Bete deh. Gue kan mau bikin surprais.

Gue: Huehue... gimana gue mau kaget? Gue kan tadi siang baca blog-nya Ve dan dia udah cerita lo nongol di party Jumat kemaren.

Kenny: Terus kenapa lo nggak nelepon gue?
Gue: Ya, gue tahu lah lo pasti bakal ikutan nonton bareng. Mana Ve?

Kenny: ...

Aduh, udah ah, capek tahu ngetik ala nulis skenario gini. Mendingan yang langsung aja deh, nggak kebanyakan mencet enter. Ternyata Ve nggak ada dan semua ini cuman akal-akalan mereka berdua buat ngasih surprais ke gue.

Lah, Ken, salahin Ve tuh! Rencana lo buat bikin surprais ke semua temen lo nggak bakalan sukses kalo Ve udah nulis duluan deh! Gimana seh! Semua kan udah tahu.

Ya udah, ngobrol lah kita sementara dia buka imel yang belom sempat dia buka sejak balik minggu lalu. Terus gue lihat-lihat buku sambil nunggu Kenny. Dan karena waktunya udah mepet, kita buru-buru ke Djakarta. Di jalan gue ceritain kelebayan Ve dalam merancang skenario surprais itu.

“Gara-gara dia,” gue ngedumel, “gue jadi milih dua hampir tiket pojok di baris G! Teater 2 Djakarta itu kan kecil, baris G itu udah lumayan rendah. Sebel!”

Akhirnya kita ngerencanain buat duduk di baris G tapi di seberangnya yang—waktu gue beli tiket—masih kosong. Kita masuk dan ternyata bioskop belum penuh, kita berdua senang. Mudah-mudahan nggak ada yang bakal ngusir kita ke pinggir. Film mulai main, mulai rame orang masuk. Satu, dua, aman... berlima... masih aman. Mendadak ada sepasang celingukan nyari nomer dan berhenti di samping gue ma Kenny dan nanya nomer kita. Karena tahu salah, tanpa ngeles ke sana ke mari, kita geser dua kursi. Eh, nggak tahunya si cowok bilang, “Mas, kita berempat!”

Damn Ve, maki gue dalam hati sambil geser dua kursi lagi. Gue ma Kenny udah kayak penjahat ato orang dari hutan yang baru pertama kali nonton rasanya. Akibatnya kita sama-sama nggak konsen ngelihatin orang yang baru pada masuk setelah film main. Aduh, plis dong, jangan duduk di sini, masa mesti geser lagi. Itu kan lebih parah dari nomer kita yang asli.

Nggak lama ada empat orang India yang masuk dan mereka berpermisian di ujung baris sana. Duh, pindah lagi nih. Tapi untungnya mereka langsung ke pojok dan nyisain satu kursi di antara Kenny dan mereka. Alhamdulillah, bisa konsen nonton, nggak stress lagi.

Gue nggak mau ngomongin filmnya karena itu bagian entry WATCHING mestinya, hehe...

Selesai nonton gue ma Kenny ngobrol di Starbak. Dan kita ngobrolin apa aja yang udah terjadi sepuluh bulan ini selama Kenny di Italia. Gosh, it was fun. Seneng bisa ketemu teman baik yang udah lama nggak ngobrol langsung kecuali lewat messenge YM yang, for all it’s worth, nggak akan bisa ngegantiin keasyikan ngobrol langsung. Apalagi dengan teman akrab.

Dan baru lewat jam 12 kita balik. Itu juga karena gue sadar dengan bete betapa banyak kerjaan gue besoknya. Masih ada waktu. Kita pun pisah.

Ken, welcome home ya!

1 comment: